Intip Wisata Kudus yang Belum Banyak Dijamah Orang

Bukan saja terkenal dari sotonya, wisata Kudus pun menarik untuk dikunjungi. Bahkan masih banyak tempat wisata yang belum banyak orang tahu.
, Majalah Kartini | 06/05/2019 - 08:00

MajalahKartini.co.id – Kudus merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah (Jateng) yang memiliki ragam jenis destinasi wisata. Mulai dari wisata bertemakan alam, sejarah hingga yang menjadi ikonik yaitu wisata religinya.

Foto: (Instagram/explorekudus)

Tak hanya terkenal dengan sotonya. Wisata Kudus pun menarik untuk dikunjungi. Bahkan masih banyak wisata yang belum banyak orang tahu. Berikut ini objek wisata yang ada di Kudus.

Baca Juga: Pesona Alam yang Tersimpan di Kebumen

  1. Masjid Menara Kudus

Berada di Kelurahan Kauman, Kecamatan Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Masjid Menara Kudus memiliki tampilan yang berbeda dengan masjid pada umumnya. Menara yang berdiri menjulang di sebelah tenggara masjid bentuknya menyerupai bangunan candi khas Jawa Timur. Semakin mencolok berkat konstruksi susunan batu merah yang tertata rapih. Masjid ini didirikan oleh Sunan Kudus atau Sayyid Ja’far Shadiq Azmatkhan pada tahun 1549 Masehi. Selain memiliki bentuk yang unik, tersirat makna mendalam saat membangun Masjid Menara Kudus.

Foto: (Instagram/explorekudus)

  1. Rumah Adat Kudus

Kudus terkenal dengan rumah adatnya yang disebut dengan Joglo Pencu. Joglo ini menggambarkan sifat masyarakat yang agamis dari nenek moyang mereka. Bentuk ukiran rumah adat Kudus ini adalah kombinasi. Terdiri atas macam-macam gaya. Baik gaya Persia, Eropa, maupun Cina. Arsitekturnya terpengaruh budaya Hindu dan Islam.

Foto: (Instagram/explorekudus)

  1. Tugu Identitas

Terletak di depan lokasi pertokoan paling ramai di kota itu. Posisinya pun menjadi sangat strategis. Tugu ini merupakan monumen untuk memperingati perjuangan rakyat merebut kemerdekaan. Bentuk Tugu Identitas Kudus mencitrakan ciri Menara Kudus yang selama ini telah dinyatakan sebagai lambang daerah.

Foto: (Instagram/explorekudus)

  1. Museum Kretek Kudus

Museum ini terletak 3 kilometer ke arah selatan pusat kota. Lokasi tepatnya berada di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati. Museum ini dibangun sebagai simbol Kota Kudus yang populer sebagai kota kretek. Di dalam museum itu terdapat peralatan dan mesin-mesin tradisional pembuat rokok kretek serta rokok klobot. Ada juga sarana promosi rokok pada masa lampau.

Foto: Istimewa

  1. Taman Sardi

Berada di Desa Kajar, Kecamatan Dawe, kabupaten Kudus, obyek wisata satu ini menawarkan sensasi relaksasi menenangkan karena memiliki konsep menyatu dengan alam. Di Taman Sardi, Anda bisa memandangi hamparan alam yang indah dari ketinggian. Beragam fasilitas bagi pecinta alam pun tersedia disini, mulai dari outbound hingga camping. Tak ketinggalan di Taman Sardi juga memiliki spot foto yang membuat cantik fseed osial media Anda.

Foto: (Instagram/explorekudus)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: