Intan Novita Butuh Waktu Lama Untuk Sembuh Total

Korban Penyiraman Air Keras di Bandung, Intan Novita bisa sembuh total setelah melalui proses penyembuhan selama bertahun-tahun.
, Majalah Kartini | 31/10/2016 - 19:00

kekerasan-perempuan

MajalahKartini.co.id – Intan Novita (22) perempuan cantik asal kota kembang Bandung menjadi korban penyiraman air keras oleh dua pria yang tak dikenal, saat ini kondisinya masih dalam perawatan medis di RSHS Bandung, (31/10). Intan mengalami luka melepuh di beberapa bagian tubuhnya.

“Kondisi yang dialami pasien ini memang perlu mendapatkan perawatan inap. Memang ada luka melepuh di beberapa bagian tubuh pasien di wajah, dada, punggung, kedua tangan, dan salah satu bagian kaki, ” kata Dokter Bedah Plastik Almahitta Cintami, saat ditemui di RSHS Bandung.

Saat datang ke rumah sakit kondisi tubuh Intan memang telah melepuh, namun kondisinya masih stabil. Intan sempat mendapatkan pertolongan pertama di klinik Pratama Sawo Endah, kemudian dibawa ke RS Al-Islam lalu dirujuk ke RSHS Bandung. “Jadi saat datang ke RSHS sampai saat ini kondisinya masih stabil tekanan darah stabil, denyut nadinya juga stabil,” lanjutnya.

Dokter menyebut air keras yang disiram oleh pelaku tidak mengenai matanya. Saat ini dokter sedang melakukan observasi untuk diketahui seberapa parah luka yang dialami oleh tubuh Intan. “Setelah itu kita lakukan pemeriksaan fisik segala macamnya untuk mengetahui kedalaman luka di kulit pasien,” kata dia.

Pihak dokter melakukan observasi terhadap kandungan zat kimia yang terdapat di kulit Intan untuk mengetahui sejauh mana kerusakan jaringan kulit yang dialami oleh Intan. “Setelah itu baru beberapa hari kemudian ke depannya kita akan lakukan tindakan untuk mengambil jaringan kulit yang mati, nanti baru kita lakukan tindakan berikutnya,” jelasnya.

Pihak dokter sendiri memastikan melepuhnya kulit Intan akibat menerima cairan kimia, bukan karena disiram air panas. “Kalau air panas lukanya kan beda akan saat itu juga kelihatan. Kalau ini kan beda ketika cairan itu disiram ada jeda waktunya dulu baru kerasa,” tuturnya

Sampai berita ini diturunkan, Intan (22) bisa sembuh secara total dari luka bakarnya akibat disiram air keras oleh orang tak dikenal. Biduan cantik itu  rencananya dalam minggu ini akan dilakukan operasi.

Ali Sundoro sebagai Penanggung Jawab Tim Dokter Bedah Plastik RSHS Bandung menerangkan, butuh waktu bertahun-tahun agar kulit Intan bisa sembuh secara total. Ali menyebut saat ini tim dokter masih terus melakukan observasi terhadap luka bakar Intan.

“Untuk pulihnya kita masih butuh waktu yah, kalau misalkan luka dangkal umumnya sih sembuhnya dua, tiga atau sampai empat minggu itu untuk luka kering saja. Tapi kalau untuk sembuh total butuh waktu lebih lama, karena kalau ngomongin soal luka bakar itu butuh penyembuhan satu atau dua tahun bahkan lebih,” kata Ali.

Untuk memastikan luka bakar yang dialami oleh Intan sampai ke syaraf atau tidak, tim perlu melakukan operasi terlebih dahulu y. Karena Luka yang dialami Intan termasuk dalam luka dalam atau grade 2 dan 3. “Kita akan buka yah nanti untuk melihat sedalam apa itu lukanya. Karena luka tersebut pasien pasti merasakan sakit,”lanjutnya.

Kondisi Intan sejauh ini dalam stabil. Pihak dokter memberikan asupan obat sebagai upaya penahan rasa nyeri. Intan hanya mengeluh rasa sakit yang dialami di sekujur tubuhnya. “Kondisinya stabil kami sudah memberikan obat-obatan biar tidak sakit, antibiotik, luka juga kita balut dan terus kita ganti,” pungkasnya.(Foto : Pixabay)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: