Insurance Day: Ajak Masyarakat Terapkan Gaya Hidup Sehat

Penyakit kritis memberikan beban dan risiko finansial yang cukup signifikan.
, Majalah Kartini | 22/10/2017 - 10:09

Majalahkartini.co.id – Berdasarkan laporan World Health Organization (WHO) tahun 2012 diperkirakan tahun 2020 tiga perempat kematian di negara berkembang disebabkan oleh penyakit kritis, dengan tiga penyakit yang memiliki presentase cukup tinggi yaitu penyakit Jantung (70%) Stroke 75 %, Dan Diabetes (70%).

Hari Asuransi Nasional dirayakan di Indonesia pada 18 Oktober 2017, sekaligus bertepatan dengan perayaan Bulan Pelanggan Nasional yang digelar sepanjang bulan September–Oktober. Masyarakat Indonesia pun diajak untuk menerapkan gaya hidup sehat. Ajakan itu disampaikan dalam kegiatan bertema: Avrist Insurance Day: Healthy Self, Healthy Future. Kegiatan yang digelar di kantor pusat Avrist, Gedung Panin, Senayan Jakarta, Rabu (18/10).

Hadir juga Burton Lai, President Director PT Avrist Assurance, perwakilan karyawan, manajemen, mitra kerja, konsumen, komunitas gaya hidup, dan wartawan media nasional. Penyakit kritis bukan sekadar berisiko tinggi terhadap jiwa seseorang tetapi memberikan beban dan risiko finansial yang cukup signifikan. Menurut catatan Kementrian Kesehatan periode Januari hingga Juni 2014, program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) harus membiayai penyakit kritis yang menimpa sejumlah masyarakat Indonesia hingga mencapai Rp5,27 triliun. Itu pun belum termasuk mereka yang dirawat tanpa menggunakan fasilitas asuransi dari BPJS Kesehatan.

“Inilah yang ingin kami gaungkan kembali kepada masyarakat Indonesia sebagai bentuk tanggung jawab kami sebagai perusahaan jasa asuransi melalui acara Avrist Insurance Day: Healthy Self, Healthy Future,” ujar Burton dalam kesempatan membuka resmi acara ini.

Besarnya biaya finansial yang harus ditanggung akibat penyakit kritis juga telah disadari oleh Avrist Assurance. Sejak tahun 1999, Avrist telah memiliki produk yang memberikan perlindungan terhadap 36 penyakit kritis yaitu Avrist Critical Guard. Mulai dari berbagai jenis kanker, stroke, jantung, tumor, luka bakar, hingga kehilangan pendengaran.

Yang menarik, Avrist Critical Guard ini memberikan manfaat dari penyakit kanker yang umum pada wanita, yaitu kanker serviks, kanker rahim, kanker payudara, dan kanker kulit. Avrist Critical Guard akan membantu meringankan beban finansial yang harus ditanggung keluarga dan diri Tertanggung dengan manfaat hingga Rp 500 juta yang terhitung sejak polis dikeluarkan.

Sadar bahwa hidup sehat harus menjadi bagian dari gaya hidup dan bukan sekadar tren di masyarakat modern, Avrist menghadirkan narasumber inspiratif dalam diskusi kesehatan yang bertema Avrist Insurance Day: Healthy Self, Healthy Future. Dokter Zainah Fitria dari Sahid Sahirman Memorial Hospital, memaparkan mengenai pentingnya menerapkan gaya hidup sehat setiap hari, serta bahaya penyakit penyakit kritis yang paling sering mengancam masyarakat di Indonesia.

“Salah satu cara medis agar terhindar dan meminimalisir dari penyakit kritis adalah melakukan pemeriksaan medis secara berkala. Tujuannya adalah melakukan tindakan tepat, cepat, dan efisien dari hasil pemeriksaan medis sehingga tidak meningkat ke terminal lebih lanjut,” papar dr. Zainah.

Sophie Novita, sebagai public figure yang senantiasa menerapkan gaya hidup sehat, pada kesempatan ini juga berbagi mengenai berbagai kegiatan yang dia lakukan untuk menjaga dirinya dan keluarga agar terus terlindungi dari bahaya penyakit kritis yang mengancam setiap hari.

“Bagi saya dan Pongki, menjaga kesehatan adalah yang terutama. Gaya hidup sehat tidak memerlukan biaya yang tinggi, hanya memerlukan keteraturan dan kedispilinan. Tidak ada yang lebih mahal dari kesehatan, dan tidak ada hal yang paling menyedihkan selain merasakan sakit, “ujar Sophie.

“Sebagai seorang Ibu juga saya bertanggungjawab terhadap masa depan anak saya. Termasuk menyiapkan dan melindungi masa depan yang sehat dan cerah agar mereka dapat meraih prestasi yang saya harapkan dapat melebihi yang saya sudah raih saat ini,”sambung Sophie.(Foto : Dok. Pribadi)

Tags: , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: