Inilah Pentingnya Edukasi Keuangan bagi Remaja

Kegiatan edukasi keuangan merupakan salah satu komitmen perseroan dalam mendukung program pemerintah meningkatkan literasi keuangan di Indonesia.
, Majalah Kartini | 28/04/2017 - 19:02

Inilah Pentingnya Edukasi Keuangan bagi Remaja

MajalahKartini.co.id – Dalam rangka hari Kartini, Standard Chartered Bank Indonesia menggelar kegiatan kerja relawan pemberian edukasi keuangan bagi siswa dan siswi SMPN 70 Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kegiatan yang menjadi bagian dari program Financial Education for Youth (FE4Y) ini sekaligus menjadi acara puncak dari serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh karyawan perseroan dalam memperingati hari lahirnya pahlawan perempuan Indonesia di 21 April lalu.

Country Head of Audit Dawny Tahar memimpin tim karyawan yang seluruhnya adalah perempuan dan mengenakan busana tradisional dalam memberikan pengetahuan dasar pengelolaan keuangan kepada lebih dari 250 orang pelajar di sekolah tersebut. Melalui metode penyampaian informasi yang interaktif dan menyenangkan seperti kuis, diskusi kelompok, dan latihan–seluruh siswa belajar mengenai perbedaan antara kebutuhan dan keinginan, pengenalan terhadap konsep bank, hingga edukasi tentang investasi di masa depan.

Chief Executive Officer Standard Chartered Bank untuk Indonesia Rino Donosepoetro menjelaskan kegiatan edukasi keuangan merupakan salah satu komitmen perseroan dalam mendukung program pemerintah meningkatkan literasi keuangan di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan sejumlah program yang dilaksanakan secara berkelanjutan, salah satunya adalah Financial Education for Youth (FE4Y) yang hari ini dilakukan oleh karyawan Bank secara sukarela. “Edukasi keuangan juga bagian dari kontribusi Bank untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di Indonesia,” katanya di Jakarta, Rabu (26/4).

Standard Chartered Bank telah menggelar beragam program kemasyarakatan termasuk kegiatan edukasi keuangan sejak tahun 2013. Di sepanjang tahun 2016, perseroan telah melakukan lebih dari 10 kali kegiatan edukasi keuangan ke lebih dari 1,000 orang remaja di berbagai sekolah di Indonesia. Dalam melakukan kegiatan kerja relawan, seluruh karyawan memperoleh 3 hari jatah kerja relawan dalam setahun.

Peran serta Standard Chartered Bank Indonesia dalam memberikan edukasi keuangan kepada masyarakat dari berbagai usia dan kelas ekonomi, turut mendukung peningkatan indeks literasi keuangan nasional. Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) kedua yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan indeks literasi keuangan dan inklusi keuangan masing-masing meningkat menjadi 29,66% dan 67,82%.

Pada survei pertama 2013, indeks literasi keuangan dan inklusi keuangan masing-masing hanya 21,84% dan 59,74%. Khusus untuk perbankan, indeks literasi meningkat dari 21,80% di 2013 menjadi 28,94% di 2016. Standard Chartered Bank telah menggelar beragam program kemasyarakatan termasuk kegiatan edukasi keuangan sejak tahun 2013. Di sepanjang tahun 2016, perseroan telah melakukan lebih dari 10 kali kegiatan edukasi keuangan ke lebih dari 1,000 orang remaja di berbagai sekolah di Indonesia. (Foto: tandard Chartered Bank)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: