Ini Makna Pakaian Ibu Iriana Saat Hadir di Tinggi (KTT) G-20

Pilihan pakaian Iriana Jokowi, kembali menyita perhatian publik karena memiliki filosofi yang dalam.
, Majalah Kartini | 30/06/2019 - 09:20

MajalahKartini.co.id – Ibu Negara Republik Indonesia, Iriana Jokowi, kembali menyita perhatian publik. Menjadi istri dari Presiden Republik Indonesia, ia pun harus mendamping Jokowi pada pertemuan  Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Osaka, Jepang yang berlangsung Jumat (28/6/19) kemarin.

iriana

sumber : istimewa

Dalam pertemuan tersebut Iriana iku bergabung bersama ibu negara lain yang hadir dalam acara tersebut. Pilihan pakian baju Iriana pun mnjadi pusat perhatian pasalnya ketika ibu negara lain mengenakan summer dress berupa baju terusan selutut, perempuan kelahiran Solo ini tampil mengenakan pakaian nasional Indonesia.

Iriana saat itu tampil mengenakan pakaian berupa baju kurungan, kain serta selendang batik. Dikutip dari kompas.com, desainer batik Iwet Ramadhan yang menaruh perhatian pada baju nasional mengapresiasi pilihan busana tersebut.

Menurut Iwet, melalui pakaian yang dipilihnya, Iriana ingin melakukan siasat soft diplomasi yang elegan. ““Yang dilakukan Ibu Iriana adalah bentuk diplomasi. Ia memakai kain batik dan baju kurung pendek, bukan kebaya Jawa. Ditambah lagi sanggulnya juga bergaya modern. Yang dia tunjukkan Indonesia, bukan hanya Jawa,” jelas Iwet seperti yang dikuti dari Kompas (28/06/19).

Tidak hanya itu, pilihan motif batik yang dikenakan oleh Iriana juga ternyata memiliki makna yang dalam. Istri dari Presiden Ketujuh ini memilih batik parang buketan yang berasal dari Pekalongan untuk mempercantik penampilannya.

“Ibu Iriana cerdas karena memilih parang buketan yang ada sisi lembutnya dari motif kain itu. Maknanya membalut kekuatan dalam satu bentuk lebih feminine. Tebakanku kain itu dibuat di Solo karena ibu sering berbelanja kain di sana,” terang Iwet.

Sementara untuk selendang batiknya, batik tersebut adalah batik pesisir karena motifnya memiliki tumpal. Melalui batik tersebut sikap yang disampaikan melalui pilihan busana tersebut, merupakan komunikasi tingkat tinggi, terlebih di tengah fenomena kekhawatiran akan terkikisnya budaya asli Indonesia karena isu identitas belakangan ini.

Baca Juga : Cerita Jokowi Dapat Ucapan Selamat Hingga Dapat Peermen di KKT G-20

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: