Ini Dia Tanda-tanda Anak Kecanduan Gadget

Bagaimana tanda-tanda anak yang mengalami adiksi gadget?
, Majalah Kartini | 28/11/2016 - 13:00

MajalahKartini.co.id – Pada artikel sebelumnya Waspada! Jangan Biarkan Kecanduan Gadget telah dibahas bahwa penggunaan gadget oleh anak yang tidak terkontrol bisa menyebabkan anak sulit bersosialisasi, kurang melakukan aktifitas fisik, kontrol emosi yang buruk, mempengaruhi intelektual anak, dll. Jika demikian, bagaimana tanda-tanda anak mengalami adiksi gadget?

Psikolog keluarga Astrid Wen, MPsi, pendiri PION Clinition dalam diskusi media yang dilakukan Forum Ngobras dan Jagadiri di Jakarta, Kamis (24/11) menjelaskan tanda-tanda anak sudah berlebihan menggunakan gadget yang mengarah pada kecanduan di antaranya: lupa waktu, anak mudah marah saat permainannya diinterupsi, pekerjaan rumahnya terbengkalai atau tidak selesai, menarik diri dari ligkungan dan sering bermain gadget dengan cara secara sembunyi-sembunyi.

Dampaknya di masa depan adalah pada masalah kontrol diri. Ada risiko anak memiliki sifat narsistik. “Anak-anak sekarang lebih sadar dengan ekspresi wajah. Ini sebenarnya baik. Masalahnya, orangtua suka memaksakan anak harus menunjukkan wajah tersenyum saat selfie sehingga dipaksakan. Seharusnya anak-anak dibiarkan memiliki ekspresi natural,” jelas Astrid.

Dampak lebih jauh kata Astrid adalah kemampuan bersosialisasi yang kurang terasah sehingga mereka kesulitan berteman, merasa kesepian bahkan berisiko mengalami depresi dan gangguan kecemasan. Terkait persepsi orangtua yang beranggapan bahwa anak menjadi lebih pintar karena terbiasa menggunakan gadget, Astrid menekankan bahwa pengenal gadget harus mengikuti aturan main. “Penggunaan waktu layar elektronik (termasuk komputer dan televisi) yang disarankan adalah 30 – 60 menit per hari. Bahkan untuk anak usia 0 – 2 tahun, dilarang sama sekali,” lanjutnya.

Berikut tips bagi orangtua agar anak terhindar dari kecanduan gadget:

– Tidak membiarkan anak bermain gadget di waktu makan.
– Tidak membiarkan anak bermain gadget 1 jam sebelum tidur.
– Orangtua sebaiknya matikan notifikasi suara.
– Lakukan pendampingan saat anak menggunakan gadget, meskipun hal ini masih sulit dilakukan sebagian orangtua bekerja.
– Tetap berkomunikasi dengan anak dengan cara membatasi waktu penggunaan gadget, misalnya hanya 10 menit setiap kali main.
– Berikan kegiatan lain yang melibatkan interaksi dengan orangtua/orang dewasa lainnya. Ada tatapan mata, ada interaksi dua arah, dll. (Foto : Andim)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: