Ini Dia Pola Asuh yang Tepat Untuk Anak-Anak Generasi Alfa

Setiap generasi memiliki caranya masing-masing untuk mengasuh sang anak. Tips berikut bisa dijadikan panduan untuk mengasuh anak-anak generasi alfa.
, Majalah Kartini | 03/08/2019 - 08:08

MajalahKartini.co.id – Berbeda generasi tentu berbeda pula pola asuhnya. Para orang tua masa kini pun tentu memiliki pola asuh yang berbeda dengan orang tua sebelumnya. Hal ini dikarenakan, tantangan yang dihadapi telah berbeda. Anak-anak generasi Alfa atau yang dilahirkan setelah tahun 2010 sangat melek informasi karena akses mendapatkan informasi lebih mudah didapat melalui smartphone.

pola asuh

sumber: istimewa

Para orang tua generasi Alfa umumnya berasal dari generasi milenial dimana umur mereka yang tertua adalah 37 tahun dan yang termuda adalah 23 tahun. Para orang tua yang datang dari generasi milineal juga sudah sangat melek teknologi dan informasi. Sehingga kemampuan mereka dalam mengasuh anak dinilai lebih bervariasi.

Hal ini dikarenakan mereka telah menyerap berbagai macam informasi lalu kemudian menyaringnya sebelum menerapkan kepada sang anak. Nah berikut adalah rangkuman dari beberapa pola asuh yang tepat untuk anak-anak generasi Alfa.

1. Menjadikan Orang tua Sebagai Contoh

Meninggalkan sikap oteriter dari pendahulunya, orang tua milenial harus menjadikan dirinya sebagai contoh. Tidak hanya melaranng dan menyuruh sang anak, orang tua harus memberikan gambaran kepada sang anak, maka dengan demikian sang anak dapat mengikuti orang tuanya.

2. Positive Parenting

Pola asuh positive parenting menekankan pada melihat sisi positif sang anak. Dengan begitu tidak menerapkan kata-kata atau kalimat yang negatif atau menyalahkan. Tidak hanya itu, positive parenting juga tidak membandingkan kemampuan sang anak dengan yang lain karena setiap anak memiliki kemampuannya masing-masing.

3. Tegas Dan Displin

Meski memberikan kebesan, orang tua juga harus tegas dan patut menerapkan rasa disiplin kepada sang anak. Orang tua harus memberikan konsekuensi yang logis atas tingkah laku sang anak, sehingga sang anak menjadi disiplin dengan pilihannya.

Baca Juga : Rahasia Ibunda Maudy Ayunda Dalam Menerapkan Pola Asuh Anak

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: