Ini 5 Penyebab Kulit Anda Terlihat Kusam, Meski Rajin Treatment

Meskipun sudah rutin melakukan perawatan kulit, Jangan sepelekan hal-hal berikut ini supaya kulit Anda tidak kusam.
, Majalah Kartini | 02/08/2019 - 08:57

MajalahKartini.co.id – Memiliki kulit yang sehat dan cerah adalah dambaan setiap kaum hawa. Banyak orang menghabiskan uang jutaan rupiah agar wajahnya tidak terlihat kusam dan nampak segar. Padahal, jika anda kerap melakukan kesalahan dasar terhadap kulit anda, kulit anda akan tetap terlihat kusam meskipun sudah melakukan treatment yang telah menghabiskan biaya jutaan rupiah. Berikut hal-hal sederhana yang dapat membuat kulit anda terlihat kusam.

kulit kusam

sumber: istimewa

1.Malas Mencuci Muka

Setiap hari kulit kita memiliki dua masalah dasar yakni terpapar dengan dua zat berbahaya yakni polusi udara dan radikal bebas. Jika tidak dibersihkan secara rutin, zat-zat ini pun lama-kelamaan dapat kolagen yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit kita. Mencuci muka menjadi salah satu cara untuk menghilangkan zat-zat tersebut. Tidak hanya itu mencuci muka dengan scrub juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang diproduksi oleh kulit kita setiap harinya.

  2. Stress

Banyaknya beban dan padatnya aktivitas yang dilakukan terkadang membuat kita malas untuk membersihkan dan merawat kulit kita, sehingga menyebabkan kulit kita menjadi kusam. Tidak hanya itu, stress juga dapat membuat hidup kita menjadi tidak teratur dan efek negatifnya dapat menyerang ke organ-organ vital di tubuh. Hal ini pun kemudian berdampak kepada kulit kita, sehingga kulit kita terlihat lebih kusam.

3. Kekurangan nutrisi

Kulit kita sangat membutuhkan mineral, karna mineral sangat penting untuk membentuk antioksidan alami tubuh. Mineral sebetulnya bisa didapatkan dengan asupan makanan, namun hal tersebut tidak memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan kulit akan mineral, kita dapat mengonsumsi vitamin yang mengandung zat besi.

4. Dehidrasi

Patikan kulit Anda ternutrisi dengan baik dan tidak mengalami dehidrasi. Kulit yang dehidrasi akan berpotensi menipis karena terkikis kelembabannya. Untuk menghindari hal ini, anda dapat mengantisipasinya dengan menggunakan serum dengan kandungan hyaluronic acid.

5. Hormon

Hormon memang fluktuatif karena beberapa faktor. Misalnya karena pubertas, menopause, pengobatan atau hal lain tak terkontrol lainnya menjadi faktor utama.  Tampilan kulit juga dipengaruhi oleh kadar hormonal. Misalnya, ketika estrogen menurun akan mengakibatkan proporsi testosteron yang lebih tinggi sehingga kulit menjadi lebih berminyak.

Baca Juga : 4 Langkah Merawat Kulit Kusam yang Wajib Dicoba

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: