Ingin Langsing dan Sehat? Minum Air Kelapa Muda

Air kelapa merupakan minuman elektrolit yang mengandung banyak vitamin dan mineral penting dalam tubuh.
, Majalah Kartini | 06/10/2017 - 13:09

MajalahKartini.co.id – Selain dapat menyegarkan dahaga, air kelapa ternyata kaya manfaat. Kelapa mudah berwarna hijau tidak memiliki daging tapi menyimpan air sangat banyak. Nah, inilah yang sering diminum sebagai pengganti minuman isotonik, karena selain rasanya enak dan menyegarkan, air kelapa juga alami. Kelapa hijau yang tidak dipetik dari pohonnya lama-kelamaan akan menjadi tua, kulitnya akan menjadi coklat tua, dan airnya akan berkurang karena membentuk daging.

“Nutrisi atau makanan buah kelapa itu sendiri adalah airnya. Air kelapa akan memebetuk isi buah kelapa, makanya semakin tua airnya semakin sedikit,” kata dr. Karin Wiradarma, Dokter Gizi dari KlikDokter.com pada press conference Hydro Coco Ubah Tema Exotic Indonesia Menjadi Wonderful Indonesia di Jakarta, Jumat (29/9).

Satu buah kelapa muda mengandung sekitar 120 mililiter – 140 mililiter air kelapa. Menurut dr. Karin, dalam 240 gram kelapa muda terdapat sekitar 46 kalori, 2 gram gula, 2 gram protein, 252 miligram sodium, 9 gram karbohidrat, 3 gram serat, dan 0 gram lemak. Dengan jumlah 46 kalori dan karbohidrat ini bagus untuk program diet. “Kalau kelapa tua ada santannya. Santan ini adalah campuran air kelapa dengan kekentalan daging kelapa. Santan mengandung banyak lemak (coconut oil). Jadi disarankan minum air kelapa muda,” katanya.

Manfaat air kelapa bagi kesehatan sudah diketahui sejak 4.000 tahun lalu oleh Ayurveda, India. Tapi, karena ilmu teknologi saat itu belum maju sehingga tidak dapat dibuktikan secara ilmiah. Keyakinan akan manfaat air kelapa ini dibuktiksn dengan berbagai riset yang dilakukan para peneliti. Bahkan sudah banyak industri makanan dan minuman yang mengolah air kelapa sebagai minuman sehat, salah satunya Hydro Coco, 100 persen asli dari kelapa Indonesia.

Air kelapa adalah isotonik alami yang memiliki banyak keuntungan, seperti rendah karbohidrat dan mengandung gula alami. Air kelapa juga banyak mengandung lauric acid, seperti yang terkandung dalam ASI (air susu ibu), memiliki kandungan mineral dan serat yang tinggi. Air kelapa tidak mengandung kolesterol dan rendah kalori dibandingkan dengan minuman lainnya, dan banyak Iagi kandungan yang didapat dari air kelapa.

“Sekarang sudah dikonsumsi karena manfaat-manfaatnya yaitu, pertama tinggi serat sehingga memperlancar pencernaan. Kedua, air kelapa mengenyangkan lebih lama, jadi cocok untuk program diet. Manfaat ketiga, mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit, memproduksi kolagen kulit baik untuk tulang dan kesehatan gigi,” jelas dr. Karin.

Selain manfaat tersebut, air kelapa juga mengandung elektrolit, kalsium, natrium, magnesium dan mineral penting lainnya. Dengan mengonsumsi air kelapa setidaknya 240 mililiter perhari, mampu menjaga kecukupan cairan tubuh. “Karena dalam tubuh manusia sekitar 60 persen cairan sehingga kita membutuhkan air. Sedangkan, air kelapa memiliki komposisi yang serupa dengan cairan tubuh. Bahkan pada jaman peperangan, air kelapa digunakan sebagai cairan infus,” kata dr. Karin menjelaskan.

Air kelapa memiliki fungsi rehidrasi. Air kelapa sering kali dikonsumsi sebagai pengganti minuman olahraga, saat traveling, mengatasi diare, mual dan kembung. Air kelapa hijau terbukti rendah kalori sehingga tidak memicu meningkatnya gula darah. Minuman alami ini juga rendah kolestetol, sehingga kadar kolesterol tetap stabil. Selain itu, air kelapa juga rendah natrium tapi tinggi kalium melebihi pisang. Kalium diketahui berfungsi sebagai pembentuk sel, menjaga kesehatan jantung, kesehatan otak, kesehatan ginjal, serta menjaga kestabilan jaringan otot.

“Air kelapa adalah alternatif yang lebih sehat karena berperan menangkal radikal bebas (penyebab penuaan dini), kerusakan sel, kerusakan liver, penyakit diabetes karena mudah dicerna sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah secara signifikan,” ujarnya.

Hydro Coco merupakan pionir minuman air kelapa dalam kemasan dan dibuat menggunakan air kelapa alami. Seperti dijelaskan diatas, bahwa air kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dalam beberapa tahun terakhir, air kelapa menjadi salah satu komoditas yang menarik di pasar global, sebab air kelapa adalah alternatif sehat dari minuman ringan dan minuman isotonik buatan.

Minuman kemasan dari PT Kalbe Farma Tbk, ini merupakan minuman yang terbuat dari kelapa asli, tanpa bahan pengawet, pemanis buatan dan pewarna sintetis. Sehingga aman dikonsumsi setiap hari. “Minuman ini diproses secara higienis dengan teknologi modern. Awalnya, air kelapa diproses melalul sterilisasi dalam tabung aseptik dan menggunakan teknologi Ultra High Temperature (UHT),” kata Arwin N. Hutasoit, Head of Marketing Kalbe Beverages PT Kalbe Farma Tbk .

Sehingga, tambah Arwin, air kelapa dalam Hydro Coco tetap terjaga nutrisinya meski tanpa bahan pengawet, pewarna dan pemanis buatan. “Minuman ini juga menggunakan kemasan tetraprisma untuk menjaga higienitas air kelapa di dalamnya, disamping itu kemasannya juga ramah lingkungan,” tutupnya. (Foto : Andim)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: