INACA: Tarif Tiket Pesawat Turun Hingga 60 Persen

Tanpa mengenyampingkan keamanan, tiket pesawat penerbangan domestik akan turun harga.
, Majalah Kartini | 14/01/2019 - 09:00

MajalahKartini.co.id – Polemik harga tiket pesawat penerbangan domestik yang terbilang lebih mahal dibandingkan transit ke negara tetangga dahulu akhirnya terjawab. Belakangan ini viral kabar yang mengatakan bahwa seorang penumpang dari Aceh yang ingin terbang ke Bandung, harus pergi ke Kualalumpur, Malaysia dulu baru melanjutkan penerbangan ke Bandung. Hal tersebut dilakukan karena tiket pesawat dari Aceh-Kualalumpur-Bandung terbilang lebih murah dibandingkan penerbangan Aceh-Bandung atau Aceh-Jakarta-Bandung.

Diharapkan polemik tersebut kini tak lagi menjadi masalah karena sejak Jumat lalu (11/1), sejumlah maskapai penerbangan sepakat untuk menurunkan tarif tiket pesawat. Penurunan dilakukan mulai hari ini.

Ketua Umum Indonesia National Air Carrier Association (INACA) IGN Askhara Danadiputra mengatakan, Garuda Indonesia sendiri sudah menurunkan tarif beberapa rute penerbangan. “Jangan kan seminggu, mungkin nanti sore (diturunkan).Yang pasti 6 rute diturunkan per Jumat seperti saya sampaikan, Cengkareng-Depansar, Cengkareng-Surabaya PP, Jogja, dari Bandung ke Denpasar sudah kita turunkan semua,” ujarnya di Kawasan SCBD Sudirman Jakarta (13/1).

Dia melanjutkan, untuk Citilink kemungkinan ada 33 rute penerbangan yang diturunkan tarifnya. Sementara, untuk Lion Air sekitar 40 rute penerbangan. “Jadi mungkin flight Citilink 33, Lion itu berapa, sekitar 40-an itu segera jadi nggak usah menunggu lama seminggu, yang pasti 6 sudah kita turunkan,” terangnya.

Dia melanjutkan, penurunan tarif untuk masing-masing rute berbeda. Namun, paling tinggi bisa mencapai 60%. “Jadi yang kita lakukan variatif, nanti kita cek absolutnya, jadi sampai hingga 50-60% ada yang tertinggi seperti itu. Yang pasti di atas 20 sampai 60%,” tutupnya.

Ditanya soal keamanan atau safety penerbangan, Pihak INACA mengatakan tentunya penurunan harga tersebut tidak menyentuh sedikitpun pada anggaran keamanan pesawat. “Keamanan dalam penerbangan itu harga mati, jadi berapapun nanti turunnya harga tiket tentu tetap menomorsatukan keamanan,” terangnya. (*)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: