Ilmuwan Rusia Ubah Batu Bara Jadi Emas

Tim ilmuwan Rusia di wilayah Amur River, dekat perbatasan Tiongkok, mengklaim mampu mengekstrak satu gram emas dari satu ton batubara.
, Majalah Kartini | 29/11/2016 - 14:00

MajalahKartini.co.id – Sejak zaman dulu, ahli kimia berusaha mengubah suatu bahan menjadi emas. Namun, baru kali ini hal itu berhasil dilakukan. Tim ilmuwan Rusia di wilayah Amur River, dekat perbatasan Tiongkok, mengklaim mampu mengekstrak satu gram emas dari satu ton batubara. Kelompok orang pintar ini telah menghabiskan 15 tahun untuk meneliti kandungan batu bara dan cara menyaringnya.

Para ilmuwan yakin proses produksi massal ini bisa dikomersilkan paling cepat tahun depan. Setiap ton batubara yang diekstraksi akan menghasilkan 1.500 ruble atau setara dengan Rp 315.729. Peneliti dari Amur River Centre, Oleg Ageev, mengatakan penyaringan dilakukan dengan mengalirkan asap pembakaran batubara ke sistem pembersih yang luas.

“Pertama, zat-zat pencemar dan berbahaya dicuci dengan air lalu emas diambil dengan saringan,” ujar Ageev. Lalu, konsentrat yang mengandung emas dipindahkan kemudian diperbaiki. Oleg Ageev dan rekan-rekan mendapatkan dana setengah juta rubel atau setara Rp 105 juta untuk membangun alat penyaringan ekstraksi emas. (Sundari/Foto: Shutterstock)

 

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: