Hari Tari Sedunia di Kota Solo Melibatkan Ribuan Siswa

Merayakan hari tari sedunia, kota Solo menggelar acara menari selama 24 jam dan menari massal bersama ribuan pelajar.
, Majalah Kartini | 30/04/2019 - 21:47

 

hari Tari sedunia

Foto: Isitmewa

MajalahKartini.co.id-Hari tari sedunia yang jatuh pada Senin, 29 April 2019 kemarin, dirayakan di kota Solo. Perayaan dilakukan dengan menggelar acara menari massal selama 24 jam non stop. Kepala Dinas Kebudayaan Kota Solo, Kinkin Suthanul Hakim hadirkan 5.000 siswa untuk terlibat dalam acara menari massal ini.

Seperti yang dilansir dari tempo.co, ribuan siswa yang hadir untuk peringatan hari sedunia ini terdiri dari pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Para siswa tersebut melakukan pertunjukan tarian Jaranan karya Maridi secara kolosal di Stadion Sriwedari, Solo.

Baca Juga : Iriana Joko Widodo Peringati Hari Kartini di Solo

Tidak hanya para pelajar sekolah yang terlibat, Kinkin yang juga berkolaborasi dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta mengajak masyarakat dan mahasiswa untuk berpartisipasi dalam acara “24 jam Menari”. Berbeda dengan tari kolosal yang dilakukan oleh pelajar, acara menari 24 jam non stop  digelar di kawasan kampus Institut Seni Indonesia Surakarta.

Bagi Kinkin, perayaan hari tari sedunia di kota Solo ini merupakan bentuk kepedulian dan pelestarian masyarakat terhadap kesenian tradisional. Dia juga berharap acara itu mampu menggairahkan pariwisata di Kota Solo. “Perayaan Hari Tari masuk dalam kalender wisata,” katanya. Melalui acara ini baik Kinkin maupun pihak ISI surakarta  mengharapkan dapat memberikan ruang apresiasi berbagai macam bentuk seni yang ada di Indonesia.

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: