Hal-Hal yang Harus Anda Persiapkan untuk Piknik Bersama Keluarga

Dengan mengetahui poin-poin berikut ini maka momen piknik Anda akan berjalan sukses dan menyenangkan.
, Majalah Kartini | 09/02/2019 - 09:00

MajalahKartini.co.id – Mungkin Mall selama ini menjadi tujuan Anda dan keluarga untuk menghabiskan waktu akhir pekan, tetapi tahu kah Anda bahwa anak-anak juga perlu diajak beraktivitas di luar ruangan saat liburan. Berada dalam ruangan dan terus terpapar AC tidak baik untuk kesehatan, oleh karena itu terkena sinar matahari dengan bersantai di ruang terbuka menjadi alternatif yang sebaiknya Anda lakukan bersama keluarga untuk luangkan family time. Piknik adalah kegiatan yang mungkin kini kurang populer bagi keluarga kekinian, tetapi ada baiknya Anda kembali mengulang memori masa kecil di mana dulu piknik menjadi kegiatan favorit mayoritas keluarga. Tidak perlu bingung menentukan tempat atau lokasi piknik, jika memungkinkan Anda dapat pergi ke kebun teh di Puncak, Jawa Barat, atau jika tidak Anda juga dapat memanfaatkan taman kota – taman kota yang kini kian menjamur di Jakarta dan sekitarnya, seperti BSD atau Sentul. Apabila itu juga tidak memungkinkan, Anda dapat memilih halaman rumah sebagai lokasi piknik bersama keluarga. Lantas apa saja yang harus disiapkan?

Makanan. Piknik tentu identik dengan duduk santai di rerumputan sambil menikmati hidangan. Nah, makanan apa yang cocok untuk dibawa piknik? Hindari makanan kuah seperti soto atau sup, baiknya Anda membawa makanan kering, seperti sandwich, pizza, mi goreng, atau daging barbeque. Alasannya, karena makanan tersebut lebih ringkas dan tidak menyulitkan ketika harus dibawa dalam wadah atau ketika sudah habis dan harus dibersihkan. Membawanya Anda dapat menggunakan rantang susun atau tempat makan plastik dan keranjang. Selain makanan inti, jangan lupa bawa juga buah-buahan layaknya jeruk, apel, atau anggur.

Minuman. Selesai dengan urusan makanan, maka Anda jangan melupakan untuk menyiapkan minuman. Berada di luar ruangan tentu cocok jika Anda membawa minuman dingin yang menyegarkan. Siapkan lah sup buah atau jus jeruk yang segar. Bawa dalam botol yang tertutup aman agar tidak mudah tumpah. Apabila Anda memiliki kotak pendingin yang bisa dibawa-bawa, maka masukkan segala jenis minuman dalam kotak tersebut agar terjaga kesegarannya. Biasanya anak-anak juga menyukai minuman kemasan ketika piknik, sebaiknya bawa pula aneka minuman kemasan tersebut untuk anak.

Alas Piknik. Hal ini penting, karena piknik mengharuskan Anda menggelar segala perabot di atas rumput, begitu pula sebagai tempat Anda untuk duduk santai atau bahkan berselonjor kaki. Bawa lah kain yang cukup tebal untuk menjadi alas piknik Anda, namun jangan lupa lapisi dahulu dengan karpet plastik di urutan paling bawah, tujuannya agar kain tidak basah terkena rumput dan tanah yang mungkin berembun.

Pakaian Nyaman. Hindari mengenakan pakaian yang membuat Anda atau anak-anak mudah berkeringat dan sulit bergerak. Pilihlah pakaian berbahan kaos yang menyerap keringat dengan baik serta nyaman digunakan. Hindari menggunakan rok mini atau rok ketat yang membuat Anda sulit duduk di bawah. Paling tepat, pilih celana panjang jeans atau flare skirt yang cantik namun tetap membuat Anda leluasa bergerak.

Properti. Selain segala hal di atas, jangan lupa membawa properti untuk kegiatan atau permainan yang dapat dilakukan ketika piknik, misalnya bola, bantal, radio, permainan monopoli, papan catur, atau semacamnya. Ragam properti tersebut dapat membuat momen piknik bersama keluarga terasa menyenangkan. (*)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: