Hakim Perempuan, Sepenuh Hati Jalani Profesi

Profesi yang ia geluti ini tak pernah terfikir dari awal sebelumnya, meski sama-sama dalam bidang hukum ia sebenarnya ingin menjadi pengacara.
, Majalah Kartini | 27/04/2017 - 21:03

Hakim Cantik, Sepenuh Hati Jalani Profesi 4MajalahKartini.co.id – Mengadili perkara seseorang dalam pengadilan tentu bukan profesi yang mudah. Butuh ketegasan dan kekuatan hati saat harus menjatuhkan vonis hukuman kepada pelaku kejahatan. Namun, rupanya tugas negara sebagai hakim menjadi tantangan tersendiri bagi Jumiati Alim.

Perempuan yang akrab disapa Mimy ini mengaku bahwa menjadi hakim adalah passion yang dijalaninya sepenuh hati. Sejak menamatkan sekolah di SMA Negeri 1 Makassar, tahun 2005 silam, Mimy memang tertarik untuk mendalami dunia hukum. Namun saat itu keinginannya bukan menjadi hakim, melainkan pengacara. Namun seiring berjalannya waktu, Mimy merasa prihatin terhadap komentar negatif masyarakat yang sering menganggap hukum di Indonesia tidak adil.

Hakim Cantik, Sepenuh Hati Jalani Profesi 3

Bertekad untuk menjadi seorang hakim, Mimy kemudian melanjutkan pendidikan strata satu di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin. Ia kemudian mendalami ilmunya lewat sekolah pasca sarjana di Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Hakim Cantik, Sepenuh Hati Jalani Profesi

Setelah lulus kuliah, Mimy kemudian mengikuti seleksi CPNS pada tahun 2011 di Pengadilan Negeri Depok. Ia kemudian memulai kariernya setelah diterima oleh Mahkamah Agung sebagai calon hakim di Depok, Jawa Barat. Barulah setelah itu ia dilantik sebagai hakim di Pengadilan Negeri Jeneponto sejak September tahun 2014 lalu hingga sekarang. (Foto: fajaronline)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: