Habiskan Libur Akhir Pekan di Bogor Bersama Anak

Ingin ajak anak lebih mengenal alam, satwa, sekaligus bermain di kawasan pegunungan tak berarti Anda pergi yang jauh dari Jakarta.
, Majalah Kartini | 08/09/2018 - 09:00

MajalahKartini.co.id –  Akhir pekan yang hanya terdiri dari dua hari libur rasanya kurang jika Anda habiskan untuk berlibur ke kota yang agak jauh atau luar negeri. Meski demikian, bukan berarti Anda tak bisa memiliki waktu liburan berkualitas di dua hari tersebut. Karena, Bogor memiliki jawaban dengan berbagai pilihan destinasi wisata ramah anak. Walau mudah ditempuh menggunakan kendaraan pribadi, yang hanya memerlukan sekitar 2 jam perjalanan dari Jakarta, tetapi ada baiknya Anda menginap semalam di daerah Bogor yang juga memiliki banyak pilihan penginapan. Mengapa lebih baik menginap? Karena Anda dapat berkunjung ke beberapa tempat wisata di sana tanpa harus berburu waktu. Mengingat, daerah Bogor (Puncak) juga memiliki aturan waktu lalu lintas satu arah. Jadi, pastikan Anda pergi dan pulang di jam yang tepat dengan jalur yang sedang dibuka. Dua destinasi wisata berikut ini dapat menjadi pilihan Anda menghabiskan akhir pekan di Bogor bersama si kecil.

 

Kuntum Farmfield

Berlokasi di Jalan Raya Tajur No.291, Sindangrasa, Bogor Timur, Kuntum Farmfield merupakan sebuah objek agro wisata edukatif mencakup budidaya tanaman dan hewan ternak. Tiket masuknya dibanderol seharga Rp 40.000,- per orang. Saat memasuki areal ini dan menukarkan tiket, maka pengunjung akan diberikan capil (topi petani) sesuai ukuran. Selanjutnya Anda bebas berkeliling Kuntum Farmfield yang luas. Di areal pertama, Anda akan melihat kambing-kambing kecil yang lucu diselingi oleh hijaunya lahan bercocok tanam. Terdapat banyak binatang yang dapat Anda dan anak-anak sambangi di sini, Mulai dari kambing, rusa, berbagai jenis unggas, sapi, ikan, kelinci, kuda, dan masih banyak lagi.

Serunya, Anda tak hanya bisa melihat dan memegang binatang-binatang yang ada tetapi setiap binatang juga dapat Anda berikan makanan atau minuman (susu) yang dapat dibeli di gerai pakan ternak di dalam area wisata. Anak-anak pasti senang dapat memberi makan aneka jenis ikan di kolam yang besar, memberi susu anak domba, belajar memerah susu sapi, atau sekadar memberi makan angsa yang cantik. Di zona berkuda, anak-anak juga diperkenankan menunggang kuda berkeliling trek berkuda yang telah disediakan. Jangan lupa ajak anak-anak mampir ke area bermain dengan kelinci, karena setiap pengunjung bisa bebas bermain dengan kelinci-kelinci lucu yang tersebar di tiap sudut area. Selanjutnya, ajak pula anak-anak belajar bercocok tanam, seperti menanam padi, menanam sayuran, dan masih banyak lagi. Areal ini semakin menarik karena didesain ala pedesaan yang banyak menggunakan material kayu dan batu, serta terdapat pula jembatan-jembatan kayu yang serta pendopo-pendopo untuk beristirahat atau membuat acara. Kuntum Farmfield buka setiap hari dari pukul 8 pagi hingga 6 sore.

 

The Ranch Mega Mendung

Merupakan cabang dari The Ranch Bandung, The Ranch yang berlokasi di Mega Mendung, Puncak, Bogor ini juga menganut konsep serupa dengan menyediakan berbagai pilihan kegiatan menyenangkan untuk anak-anak dengan desain latar ala negeri dongeng. Ketika memasuki areal wisata ini, Anda dapat menukarkan tiket dengan susu segar yang nikmat. Selanjutnya, saatnya berkeliling bersama anak-anak. Kegiatan berkuda menjadi pilihan utama karena memiliki trek berkuda yang panjang dan berliku melewati area yang didesain sangat menarik. Memakai kostum ala Robin Hood pun menjadi nilai plus tersendiri bagi anak-anak yang akan berkuda.

Terdapat juga area taman bunga yang cantik lengkap dengan bangunan kastil-kastil sebagai penyempurna pemandangan ala negeri dongeng, cocok untuk berfoto-foto bersama keluarga. Selain berkuda, anak-anak juga bisa bermain dengan kelinci dan domba yang menggemaskan. Jika, ingin mengasah tingkat konsentrasi anak, maka Anda dapat mengajaknya berlatih panahan yang tersedia di sini. Terdapat dua pilihan jenis permainan memanah, dari panahan modern yang dibuat playful di dalam ruangan, atau panahan tradisional yang terletak di tengah-tengah lapangan ilalang ala negeri cowboy. Keduanya memiliki tingkat tantangan dan kemenarikan tersendiri. Harga tiket masuk wisata ini dibanderol sebesar Rp 20.000,- per orang. The Ranch Mega Mendung buka setiap Senin – Jumat pukul 09.00 – 21.00 WIB, dan Sabtu – Minggu pukul 08.00 – 21.00 WIB. (*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: