Gunung Takuban Perahu Erupsi, Masyarakat Diminta Waspada Satu Minggu

Gunung Tangkuban Perahu kembali melakukan erupsi yang terjadi secara tiba-tiba pada Jumat (26/7/19).
, Majalah Kartini | 28/07/2019 - 11:53

MajalahKartini.co.id – Jumat (26/7/19), Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat erupsi sekitar pukul 15.48 WIB. Ini menjadi kali pertama gunung tersebut kembali aktif sejak tahun 2013 silam. Letusan tersebut membuat abu mencapai ketinggian sekitar 200 meter di atas puncak dengan tinggi sekitar 2.284 meter dari permukaan laut.

tangkuban perahu

sumber: istimewa

Letusan Gunung Tangkuban Perahu yang terjadi tiba-tiba membuat sejumlah warga kaget dan panik. Seperti yang dikutip dari bbc.com, karena erupsi tersebut, Gede Suantika, Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengatakan bahwa masyarakat diminta untuk menjaga jarak hingga radius sekita 1,5 kilometer dari kawah.

“Karena aktivitas ini, yang paling diprioritas orang tak boleh masuk satu setengah kilometer dari radius kawah, hanya bisa di parkir bawah,” ujar Gede.

Letusan yang terjadi pada Jumat kemarin merupakan letusan yang trejadi tiba-tiba dan tanpa didahului oleh gejala vulkuanik. Mewaspadai adanya aktivitas dari Gunung tersebut, Gede juga memperkirakan bahwa erupsi akan terjadi selama kurang lebih satu minggu seprti yang terjadi pada tahun 2013 lalu.

“Saya yakin (skala letusan) hampir sama dengan 2013 dan diperkirakan berlangsung hanya sekitar satu minggu,” ujar Gede.

Sebelumnya, gunung yang satu ini ternyata sudah mulai aktif sejak 21 Juli kemarin. Sejak aktif 21 juli gunung Tangkuban perahu telah mengalami gempa sebanyak 425 kali.

Baca Juga : Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Bandung

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: