Gempa Berkekuatan 6,4 Magnitudo Mengguncang Situbondo & Bali

Beberapa rumah dan fasilitas umum dilaporkan rusak akibat gempa.
, Majalah Kartini | 11/10/2018 - 10:00

 

MajalahKartini.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis berita gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,4 mengguncang wilayah Jawa Timur dan Bali pada Kamis (11/10) pukul 01.57 WIB.

BMKG melaporkan episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,47 LS dan 114,43 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 km arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Propinsi Jawa Timur pada kedalaman 12 km. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Guncangan gempa itu dilaporkan dirasakan di daerah Denpasar, Karangkates (Malang, Jatim), Situbondo (Jatim), Sumenep (Madura, Jatim), Gianyar (Bali), Lombok Barat (NTB), dan Mataram (NTB), namun gempa tidak berpotensi tsunami.

“Beberapa rumah di Desa Yehembang, Kecamatan Mendoyo rusak, demikian juga di Kelurahan Loloan Timur, Kecamatan Jembrana dan Kelurahan Loloan Barat, Kecamatan Negara, Bali,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jembrana I Ketut Eko Susilo dilansir dari Antara (11/10).

Menurut Ketut, di Dusun Pasar, Desa Yehembang, tembok setengah jadi milik warga Komang Ariyanta mengalami kerusakan. Sedangkan rumah milik Pariana Wijaya, yang masih bertetangga dengannya, mengalami kerusakan pada atap rumahnya.

Sementara di Kelurahan Loloan Barat, tembok kamar mandi Wahidin rusak cukup parah, namun pemilik rumah beserta keluarganya bisa menyelamatkan diri.Selain tempat tinggal pribadi, sejumlah bangunan fasilitas umum juga mengalami kerusakan seperti candi bentar (gapura) Kantor Samsat Jembrana nyaris roboh serta tembok SD Negeri 1 Loloan Timur juga mengalami kerusakan ringan.

Di Kelurahan Loloan Timur, rumah warga bernama Marwati di Jalan Gunung Semeru, mengalami kerusakan, namun seluruh anggota keluarganya selamat dari gempa yang dirasakan cukup kuat di wilayah Kabupaten Jembrana tersebut.

Usai gempa tersebut, BMKG mencatat ada 13 gempa susulan, terakhir terjadi pukul 06.41 WIB. Dihimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap tenang namun tetap waspada. (*)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: