Gastronomi Dari Sudut Pandang Food & Lanscape

Upaya untuk menjual dan mempromosikan segala aspek makanan di sebuah area memerlukan kreativitas.
, Majalah Kartini | 01/04/2017 - 10:00

Gastronomi

MajalahKartini.co.id – Ketua Akademi Gastronomi Indonesia (AGI), Vita Datau Mesakh mengatakan, gastronomi adalah segala ilmu berkaitan dengan seni kuliner makanan; yang sangat terkait erat dengan area atau tempat, identitas, dan budaya.

“Kini dapat melihat gastronomi melalui sudut pandang foodscape (food & landscape). Dengan sudut pandang ini, kita mendapatkan gambaran sosial, budaya, politik, ekonomi atau sejarah yang terlihat melalui makanan,” kata Vita Datau Mesakh dalam acara pembukaan Dialog Gastronomi Nasional ke-2 dan Promosi Kuliner Wakatobi di kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, Rabu (29/3).

Menurutnya belakangan ini ada peningkatan minat manusia untuk mengunjungi bermacam-macam tempat di berbagai belahan dunia serta keinginan untuk mempromosikan sebuah area dan identitas makanannya untuk kebutuhan komersial dan pariwisata.

“Upaya untuk menjual dan mempromosikan segala aspek makanan di sebuah area memerlukan kreativitas antara lain dalam pengembangan produk, proses dan pemasaran terutama kreativitas dalam menciptakan pengalaman bersama makanan. Dalam konteks ini, bidang pariwisata utamanya wisata gastronomi  merupakan pemicu  kendaraan dan outlet yang sangat baik,” katanya.

Dalam laporan  UNWTO (Global Report Vol 4, in Food Tourism, 2012) disebukan bahwa  87% hasil survey  terhadap negara anggota sebagai koresponden menyatakan gastronomi sangat penting dalam mengembangkan industri pariwisata, sedangkan menurut  penelitian Getz at al. (2013) mengindikasikan bahwa 40% wisatawan mancanegara (wisman)  termotivasi oleh makanan dan gastronomi dalam memilih tujuan wisata. Di Denmark, sebuah restoran, Noma, berkontribusi pada peningkatan ekonomi wisata Kopenhagen sebesar 11% (Grant Thornton,2014).(Foto : Andim)

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: