Festival Krakatau Sedot Belasan Ribu Pengunjung

Setiap tahun, bulan letusannya tersebut diperingati melalui penyelenggaraan Festival Krakatau.
, Majalah Kartini | 30/08/2016 - 09:00

KARNAVAL BUDAYA LAMPUNGMajalahKartini.co.id – Penyelenggaraan Lampung Krakatau Festival atau yang sebelumnya bernama Festival Krakatau yang diselenggarakan pada 24 Agustus hingga 28 Agustus 2016 berhasil menggaet sebanyak 15.000 pengunjung dari dalam negeri dan luar negeri.

“Terjadi peningkatan jumlah pengunjung dari tahun sebelumnya. Peningkatannya sekitar 3.000-an pengunjung,” ujar Koordinator Media dan Publikasi Lampung Krakatau Festival, Dendy Triadi, di Jakarta, Senin (30/8).

Meski tidak signifikan peningkatan jumlah pengunjungnya, namun Dendy melihat dampak dari perubahan ‘branding’ mulai terasa. Jika sebelumnya, penyelenggaraan festival dilangsungkan di satu titik, namun tahun ini diselenggarakan di beberapa titik.

“Mulai tahun ini, namanya tidak lagi Festival Krakatau tapi Lampung Krakatau Festival, ini menegaskan bahwa Krakatau itu punya Lampung, karena ada beberapa daerah yang mengaku-ngaku kalau Krakatau berada di wilayah mereka,” papar dia.

Kegiatan Lampung Festival Krakatau juga melibatkan berbagai komunitas internasional. Hal itu terbukti pada festival layang-layang dan Lomba Foto Amatir yang diikuti oleh peserta nasional dari Provinsi Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, serta peserta dari manca negara (Malaysia, Singapura, Perancis), dengan peserta lokakarya diikuti 200 anak.

Meski demikian, Dendy mengakui ada beberapa kekurangan dalam penyelenggaraan festival itu seperti kurangnya publikasi dan mepetnya waktu pengumuman pelelangan dengan penyelenggaraan. “Kami berharap tahun depan persiapannya bisa ditingkatkan lagi. Kalau perlu ada jeda waktu tiga bulan untuk persiapan penyelenggaraannya,” harap dia. (ANT/Foto: ANT/Agus Setyawan)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: