Fenomena Masyarakat Menjadikan MRT Tempat Wisata

Fenomena masyarakat yang mencoba Moda Raya Terpadu (MRT) menjadi perbincangan di berbagai media sosial.
, Majalah Kartini | 25/03/2019 - 10:00

Foto: Istimewa

MajalahKartini.co.id – Fenomena masyarakat yang mencoba Moda Raya Terpadu (MRT) menjadi perbincangan di berbagai media sosial. Fenomena ini merupakan perilaku yang tidak tertib seperti bergelantungan di dalam kereta, menginjak kursi, sampai makan lesehan di stasiun.

Aksi tersebut ramai diperbincangkan setelah foto-fotonya tersebar di media sosial. Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar berharap masyarakat dapat menjaga MRT sebaik mungkin.

Bagaimana pun, MRT merupakan fasilitas publik milik bersama pertama yang dimiliki Indonesia. “Kita berharap agar ini milik kita. Ini pertama kali dan kita jaga,” kata William di Bundaran HI, Minggu (24/3/19). Saat ini, MRT masih dalam tahap sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Ia pun berharap tak perlu menjatuhkan sanksi untuk menyadarkan masyarakat agar berperilaku dengan baik selama menggunakannya.

Baca Juga: MRT Resmi Beroperasi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga berpesan hal yang sama. Menurut William, hadirnya MRT di Jakarta akan menjadi sebuah budaya baru bagi masyarakat. Oleh karena itu, Jokowi berpesan, agar masyarakat dapat menjaga kebersihan stasiun dan ratangga (kereta perang) dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk disiplin dalam penggunaannya termasuk mengedepankan budaya mengantre bila hendak naik tangga.

“Ngantri dan disiplin waktunya. Jangan sampai pintunya mau tutup, baru naik. Kejepit itu nanti. Hati-hati, bisa kejepit,” ucap Jokowi saat peresmian.

Fenomena ini sangatlah disayangkan, maka dari itu berikut tips naik MRT agar tidak menjadi perbincangan banyak orang:

  1. Jangan buang sampah sembarangan,

Foto: (Instagram/rizkypepew)

  1. Jangan piknik di stasiun,

Foto: (Instagram/rizkypepew)

  1. Budayakan antre sesuai jalurnya,

Foto: (Instagram/rizkypepew)

  1. Jangan berisik agar penumpang lain tidak terganggu,

Foto: (Instagram/rizkypepew)

  1. Jangan makan dan minum di dalam MRT,

Foto: (Instagram/rizkypepew)

  1. Terakhir, jangan menggunakan pegangan untuk gelantungan.

Foto: (Instagram/rizkypepew)

 

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: