Faktor Kompleks Penyebab Ibu Rentan Terkena Depresi

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami Post Partum Depression.
, Majalah Kartini | 04/10/2016 - 12:00

MajalahKartini.co.id – Kasus mutilasi yang dilakukan seorang ibu kepada anaknya di Cengkareng Minggu (2/10) kembali mengejutkan publik termasuk para ibu. Belum hilang ingatan kita akan peristiwa seorang ibu membunuh ketiga ananknya di Bandung, hal tersebut ternyata dipicu oleh gangguan depresi pada sang ibu akibat luka masa kecil karena sering dibandingkan di keluarganya.

Banyak yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kejadian serupa, salah satunya adalah dengan mencoba aware pada lingkungan sekitar, bergabung dengan komunitas yang concern pada persoalan ibu khususnya ibu yang baru saja melahirkan dan rentan terkena Post Partum Depression (PPD).

Salah seorang relawan motherHOPE Indonesia -Grup yang concern pada masalah PPD- Ayas Ayuningtyas mengatakan bahwa setiap orang berpotensi mengalami depresi. “Disebutkan pelaku sebagai seorang pendiam, bisa jadi ibu tersebut memendam perasaan, manusia butuh mengeluarkan perasaan pada orang terdekat, misalnya suami,” ujarnya.

Lantas, lanjut Ayas bagaimana pola komunikasi antara suami istri dalam kasus ini. “Jika Inget kasus andrea yang membunuh 5 orang anaknya? Awalnya depresi di mulai karena dia dibatasi oleh suami, tidak bisa bergaul bebas Dibesarkan untuk manut sama suami. Andrea tidak bisa menyuarakan perasaannya ditambah lagi rasa lelah,” urainya.

Ayas menambahkan depresi level akut menyebabkan halusinasi dan orangnya mendengarkan suara-suara yang tidak ada tubuh. Bukan kerasukan, bukan tanda iman lemah. “Hanya pikirannya tidak sanggup menahan beban pikiran. Mereka perlu pertolongan,” tandasnya. (Foto:

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: