Empat Mitos Kehamilan yang Perlu Anda Ketahui Kebenarannya!

Tak semua hal yang Anda dengar seputar kehamilan itu benar adanya. Coba kroscek mitos-mitos kehamilan di sini!
, Majalah Kartini | 06/12/2018 - 15:00

MajalahKartini.co.id – Jika mendengar kabar seseorang tengah hamil, atau Anda sendiri yang mengalami kehamilan, tentu akan banyak informasi berseliweran menghampiri untuk menasihati Anda. Ya, ibu hamil memang memerlukan banyak perhatian dari orang sekitar, hal ini yang membuat beberapa mitos yang tercipta dari dulu dan turun-temurun terus berkembang dan terdengar hingga kini. Namun, apakah benar adanya ucapan mitos-mitos tersebut? Di bawah ini ada empat jawaban atas empat mitos yang sering didengar para ibu hamil.

Minum kopi sebabkan tanda lahir pada bayi. Banyak masyarakat yang meyakini bahwa wanita yang sering minum kopi saat hamil akan membuat bayi memiliki tanda lahir di badannya. Tanda lahir berwarna kecoklatan pada bayi seringkali dikaitkan dengan konsumsi kopi saat hamil. Faktanya, meminum 1-2 cangkir kopi saat hamil tak berpengaruh pada kesehatan dan perkembangan kulit bayi yang sedang dikandung.

Makan banyak, karena untuk 2 orang. Mitos ini benar-benar menjebak. Menjebak karena bisa dengan mudah dipercaya sama ibu hamil karena alasannya yang masuk akal. Tapi tetap saja asupan makanan dan berat badan ibu dan janin harus dikontrol dan tidak boleh berlebihan supaya bayi tak terlalu kecil apalagi kebesaran. Jadi faktanya saat hamil seorang ibu harus memerhatikan nutrisi dengan asupan nutrisi yang seimbang. Terlalu banyak makan justru akan menambah besar ukuran dan berat badan janin sehingga bisa menyulitkan proses persalinan.

Bentuk perut tunjukkan jenis kelamin bayi. Ada anggapan jika wanita hamil bentuk perutnya maju atau arah perut membuncit ke atas menandakan bayi dalam kandungan adalah bayi laki-laki. Sedangkan jika bentuk perutnya melebar atau bentuk perut rendah kamu akan punya bayi perempuan. Nyatanya bentuk perut saat hamil ditentukan oleh tonus otot. Bentuk tubuh usia kehamilan posisi bayi di dalam rahim dan tidak berkorelasi dengan jenis kehamilan bayi. Selain itu, tak ada bukti akurat dari mitos ini.

Minum air kelapa mempercepat persalinan dan membuat rambut anak jadi lebat
Sebenarnya belum ada penelitian yang dapat membuktikan hal tersebut, karena kelancaran persalinan dipengaruhi oleh banyak faktor. Kalaupun sesaat setelah minum air kelapa seorang ibu hamil dapat melahirkan dengan lancar, mungkin janin dalam perut memang telah menunjukkan tanda-tanda persalinan. Sementara mitos bahwa mengonsumsi air kelapa hijau dapat membuat rambut anak menjadi lebat sebenarnya tak ada korelasinya juga. Justru mengonsumsi air kelapa sebenarnya baik karena dapat membantu mengatasi kekurangan cairan dan elektrolit yang terjadi ketika ibu mual dan muntah selama trimester pertama. (*)

Tags: ,

BAGIKAN HALAMAN INI: