Edukasi Gemar Membaca Lewat Paket Makanan Anak

Happy Meal Readers, program yang menginspirasi hasrat membaca dan edukasi pada anak di seluruh dunia.
, Majalah Kartini | 15/04/2019 - 18:00

Sumber Foto: Dok. McDonald’s

MajalahKartini.co.id – Perjalanan McDonald’s di Indonesia dalam memberi terobosan baru, khususnya di Indonesia, cukuplah panjang. Salah satu program McDonald’s dalam menghibur anak yakni Program Happy Meal. Dan kini, untuk pertama kalinya McDonald’s memperkenalkan buku sebagai pilihan selain mainan.

Happy Meal Readers merupakan salah satu cara McDonald’s untuk menginspirasi hasrat membaca pada anak di seluruh dunia. Program ini juga bertujuan mendekatkan anggota keluarga lewat kegiatan membaca.

McDonald’s bermitra dengan Cressida Cowell, penulis buku cerita anak terkenal di dunia. Ia telah menerbitkan serial buku laris How to Train Your Dragon. Bersama McDonald’s, Cressida meluncurkan seri buku berjudul Treetop Twins Adventures (Petualangan Si Kembar Treetop). Seri ini nantinya akan menampilkan 12 cerita, dan dibuat eksklusif hingga bulan Februari 2020. Khusus untuk pasar Indonesia, buku-buku ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Buku-buku tersebut bisa didapatkan dengan membeli Paket Happy Meal dari McDonald’s. Menurut rencana, sudah tersedia di semua restoran McDonald’s di Indonesia mulai 12 April 2019. Buku-buku itu menjadi pilihan selain dari mainan Happy Meal yang menyertai setiap pembelian paket Happy Meal.

Diharap Mengembangkan Budaya Baca

Dikutip dari Indonesiatripnews, Caroline Kurniadjaja selaku Director of Marketing McDonald’s Indonesia, pada Kamis (10/4/19) berujar bahwa pihak McDonald’s mengharapkan program Happy Meal readers itu dapat membantu mengembangkan budaya membaca di Indonesia.

Caroline Kurniadjaja, Director of Marketing McDonald’s Indonesia (foto: brilio)

Pada peluncuran program tersebut, McDonald’s mempersiapkan serangkaian kegiatan berupa Happy Readers Fun Day yang diisi dengan Talkshow & Sharing Session. Beberapa kota yang dituju adalah Jakarta (27 April 2019), Surabaya (4 Mei 2019), Bali (11 Mei 2019). Sementara kota-kota lainnya akan menyusul dilakukan setelah Idul Fitri. Kegiatan akan dihiasi dengan memaparkan pentingnya menanamkan minat baca pada anak, serta storytelling antara orang tua dan anak.

“Untuk pertama kalinya kami memberikan pilihan antara buku atau mainan untuk pembelian paket Happy Meal. Melalui program Happy Meal Readers ini kami berharap para orang tua tak hanya memberikan kegembiraan kepada anak, tapi juga mempertimbangkan pilihan buku bacaan bermanfaat yang dapat mengedukasi anak pada setiap pembelian paket Happy Meal,” tutur Caroline.

Selain itu, hal sama juga dilontarkan Sutji Lantyka selaku Associate Director of Communication McDonald’s Indonesia. ia mengatakan tentang kepeduliannya pada pendidikan dan edukasi anak. Menurutnya, program ini meningkatkan peran orang tua untuk memberikan asupan bacaan sejak dini. Gunanya agar mempererat hubungan keluarga melalui membaca atau mendongengkan sebuah cerita.

“Kami berharap program ini akan menanamkan kecintaan membaca di antara anak-anak seumur hidup mereka, dengan menjadikan membaca sebagai kegiatan yang menyenangkan bagi seluruh keluarga,” timpal Sutji.

Program Donasi Buku

Selain itu, dengan semangat membantu mencerdaskan anak Indonesia melalui membaca, McDonald’s Indonesia juga telah menyiapkan kotak-kotak Happy Meal Readers Book di seluruh gerai McDonald’s di Indonesia.

Sumber foto: Dok. McDonald’s

Dengan semangat membantu mencerdaskan anak Indonesia melalui membaca, McDonald’s Indonesia juga telah menyiapkan kotak-kotak Happy Meal Readers Book di seluruh gerai McDonald’s di Indonesia.

Dimulai pada 20 April 2019 hingga 20 Mei 2019, McDonald’s Indonesia menyumbangkan sekitar 210.000 buku anak-anak untuk program Happy Meal Book Box.

Pada program Happy Meal Readers Book Box ini, McDonald’s menggandeng komunitas Buku Berkaki, sebuah komunitas yang membuka akses jendela informasi dunia melalui buku bagi anak-anak kurang beruntung serta meningkatkan minat baca. Buku Berkaki setiap bulannya memiliki agenda kunjungan ke panti-panti asuhan maupun rumah singgah yang membutuhkan bantuan buku, mengajak membaca bersama, menulis cerita serta mendongeng.

Baca juga: BRI Luncurkan e-Voucher McDonald’s

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: