DPW Garnita Malahayati NasDem Sumut, Memantik Harapan dengan Pengabdian Masyarakat

Organisasi sayap Partai Nasdem ini bertekad untuk benar-benar menjadi wadah dari gerakan perubahan masyarakat menuju kehidupan yang lebih baik dan sentosa.
, Majalah Kartini | 24/05/2018 - 11:47

MajalahKartini.co.id – Partai NasDem sendiri telah sejak awal mengutamakan kemampuan kadernya dalam melakukan perubahan. Sehingga, kader yang terpilih bukanlah orang sembarangan, melainkan warga Indonesia yang mayoritas telah memiliki prestasi di bidang masing-masing.

Kualitas itu kemudian membentuk etos kerja yang tinggi bagi tiap kadernya. Tak terkecuali kader-kader yang ada dalam organisasi sayap Partai NasDem. Salah satu organisasi sayap NasDem yang paling banyak melakukan berbagai kegiatan sosial dan kemasyarakatan, Garnita  Malahayati NasDem, telah membuktikan hal itu. Kali ini, KARTINI berkesempatan untuk mengangkat profil salah satu cabang dari organisasi sayap ini, yaitu DPW Garnita Malahayati NasDem Sumatera Utara.

SAYAP PENGHIMPUN HARAPAN

Untuk mendukung kinerja sebuah partai, lazim dibutuhkan organisasi sayap yang memiliki tugas dan visi masing-masing. Demikian pula dalam perangkat Partai NasDem, dibutuhkan pula organisasi sayap yang mampu menjalankan cita-cita restorasi Indonesia ke segala lapisan masyarakat. Maka dari itu, sesuai amanat Rapimnas Nasional Demokrat 2011 tentang pendirian sayap-sayap organisasi, Garda Wanita dibentuk dibawah Ormas Nasional Demokrat pada tanggal 1 Mei 2011. Berawal dari organisasi pusat, dibentuk pula DPW Garnita Malahayati NasDem Sumatera Utara.

Sebagai organisasi sayap partai, Garnita Malahayati Sumut juga memiliki tujuan tersendiri yang selaras dengan tujuan Partai NasDem. Organisasi yang kini diketuai oleh Fadillah Maria Ulfa ini dalam melaksanakan programnya tidaklah mencari keuntungan semata, seperti untuk memperkaya pribadi atau kelompok, melainkan bersifat nirlaba. Program-program yang dilaksanakan juga selalu melihat kebutuhan masyarakat dan menutamakan kesejahteraan masyarakatumum.

Disamping itu, organisasi ini juga memiliki tujuan yang fokus, yakni membina dan memberdayakan potensi untuk memperkuat peran dan posisi wanita secara nasional. Semua hal itu dilakukan demi demi terwujudnya kader muda yang sejalan dengan cita-cita Indonesia yang adil dan makmur, dengan menempatkan wanita sebagian yang tidak terpisahkan dan setara dengan kedudukannya dengan laki-laki dalam pengelolaan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dengan tujuan dan visi yang ada, tidak salah jika DPW Garnita Malahayati Sumut dikenal sebagai penghimpun harapan. Lewat tangan-tangan kader yang berkualitas, organisasi ini terus bekerja memberdayakan dan melayani masyarakat. Dari mulai kegiatan pemberdayaan hingga kegiatan sosial telah menjadi agenda tetap. Semua itu dilakukan semata-mata agar perubahan dan restorasi Indonesia dapat cepat terlaksana.

PERJUANGKAN KONTRIBUSI PEREMPUAN

Bukan hanya peduli dengan kemajuan masyarakat, secara khusus DPW Garnita Malahayati Sumut juga turut memperjuangkan partisipasi wanita di kancah politik. Agustus tahun lalu, telah selesai dilaksanakan Rapat Konsolidasi di Kantor Sekretariat DPW Partai NasDem Provinsi Sumatera Utara yang berlokasi di Jalan Monginsidi, Medan. Menurut Ketua DPW Garnita Malahayati NasDem Sumut, Fadilla Maria Ulfa, Konsolidasi tersebut dilaksanakan untuk membahas pembentukan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah atau di tingkat Kabupaten Kota se-Sumatera Utara. “DPW Garnita Sumut sudah menerima SK resmi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk dapat membentuk Garnita di  33 kabupaten kota se-Sumatera Utara terdiri dari 25 Kabupaten dan 8 Kota,” jelasnya.

Dalam acara yang dihadiri oleh ketua dan pengurus DPD dari berbagai kabupaten di Sumatera Utara tersebut, Sekjen DPP Garnita Malahayati NasDem, Arum Rumiyati, juga menekankan bahwa Garnita Malahayati harus ikut berjuang dengan Partai NasDem untuk pilkada serentak 2018. “Garnita harus komitmen dalam kemenangan ini,” tegasnya. Konsolidasi ini dinilai strategis sebab sejalan dengan tujuan Garnita Malahayati yang fokus untuk mengkader calon politisi atau pemimpin perempuan.

KEGIATAN DONOR DARAH

Salah satu kegiatan sosial yang baru dilangsungkan baru-baru ini adalah pemeriksaan kesehatan serta donor darah di Kantor DPW NasDem, Medan. Tanggal 19 April lalu, masyarakat dapat memeriksakan kesehatannya secara gratis. “Kegiatan ini kami laksanakan untuk masyarakat umum tanpa dipungut biaya. “Alhamdulillah, antusiasme masyarakat terbilang cukup tinggi karena diikuti sekitar 100 orang,” jelas Fadilla.

Bukan hanya memeriksakan kesehatan secara gratis, masyarakat yang bertubuh sehat juga dimintai kepeduliannya dengan  cara mendonorkan darah. Menurut Fadilla, kegiatan ini dipilih karena memiliki impact yang besar ke masyarakat. Sebab, selain dapat menyelamatkan jiwa orang lain, kegiatan donor darah juga kaya filosofi. Darah disumbangkan dan didonorkan oleh siapa saja secara tulus ikhlas, tanpa membedakan keyakinan politik, warna kulit, tingkat pendidikan, maupun agama. Penerima juga berasala dari lapisan masyarakat manapun yang memang membutuhkan.

Selanjutnya, Fadilla berharap kegiatan ini dapat terus digalakkan sebagai bentuk solidaritas kaum perempuan. Sebab, kaum perempuan sesungguhnya memiliki modal besar untuk berpartisipasi aktif dalam masyarakat dan membuat perubahan. “Peran perempuan tak hanya dalam bidang politik semata, namun dalam bidang kemanusiaan juga sangat nyata. Perempuan sering berada di garis terdepan dalam memperjuangkan kesejahteraan dan kemakmuran bersama. Perempuan terbukti memiliki kepedulian dan solidaritas tinggi dalam berbagi dan menolong sesame. Karena itu, sya menyambut baik kegiatan sosial ini,” tandasnya.

KUNJUNGAN KERJA KE KABUPATEN ASAHAN

Berkaitan dengan surat keputusan (SK) pembentukan Garnita tingkat kabupaten dan provinsi, Ketua DPW Garnita Malahayati NasDem Sumut, Fadilla Maria Ulfa, melakukan kunjungan kerja ke salah satu kabupaten, yakni Kabupaten Asahan. Dalam kunjungan kerja tersebut juga dilakukan prosesi penyerahan SK DPD Garnita secara langsung. Melalui penyerahan surat keputusan ini, pembentukan Garnita tingkat kabupaten di Asahan dapat segera dilaksanakan.

JALIN SILATURAHMI ANTAR PENGURUS

Selain banyaknya rapat kerja dan kegiatan sosial, DPW Garnita Malahayati Sumatera Utara juga kerap melakukan silaturahmi antar pengurus. Hal ini dimaksudkan agar selalu terjalin hubungan dan komunikasi yang baik sehingga keutuhan dan solidaritas tetap terjaga. Silaturahmi yang dilaksanakan pada 8 Februari 2018 ini juga dihadiri oleh Koordinator Wilayah Garnita Malahayati NasDem Sumut, Siar Anggretta Siagian, M.Si.

BANTUAN LANGSUNG PADA WARGA YANG MEMBUTUHKAN

Pada bulan Agustus tahun lalu, kader DPW Garnita Malahayati NasDem Sumut melakukan kunjungan ke salah satu rumah warga dalam rangka menjenguk. Fahri, 9 tahun, warga Dusun 4 Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, telah sejak lama menderita sakit kulit langka yang belum ditemukan obatnya. Malangnya, penyakit ini sudah diderita Fahri sejak berusia 4 bulan. Sementara sang Ayah tidak dapat bekerja karena harus menjaganya, sang ibu justru telah pergi meninggalkannya sejak ia berusia 1,5 tahun. Sebagai bentuk kepedulian dan cinta kasih sesama, kader Garnita memberikan sejumlah bantuan agar Fahri dan  melanjutkan pengobatan. (*)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: