DPW Garnita Malahayati Nasdem Jawa Barat: Bakti Para Perempuan Mandiri

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) garda wanita malahayati NasDem regional Jawa Barat memberikan bukti berupa kontribusi nyata.
, Majalah Kartini | 10/05/2018 - 16:15

MajalahKartini.co.id – Belakangan ini, kiprah politisi wanita semakin mendapat banyak sorotan. Kursi-kursi vital pemerintahan seperti walikota, bupati, anggota DPR, hingga politisi daerah telah satu per satu dirambah oleh para perempuan perkasa. Keberadaan kaum perempuan di kontestasi politik pun mempunyai warna dan pengaruh tersendiri. Lewat kontribusi yang nyata dan konsisten, angin perubahan dibawa dari tangan-tangan melati bangsa. Salah satu punggawanya adalah DPW Garda Wanita (Garnita) Malahayati NasDem regional Jawa Barat.

Pada 21 Januari 2017, DPW Garnita Malahayati NasDem Jawa Barat diresmikan oleh Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh. Bertempat di The Papandayan Hotel, Bandung, sekitar 600 pengurus dari berbagai kabupaten dan kota se-Jawa Barat hadir untuk dilantik menjadi pengurus Partai NasDem periode 2017-2022. Pada hari itu, dilantik pula ketua umum dan dewan pembina Garda Wanita Malahayati NasDem regional Jawa Barat. Nama Dr. Yeni Nuraeni, SH. MH. dan Tia Fitriani muncul untuk mengisi dua posisi prestisius tersebut. Tak ketinggalan, Ketua Umum Garda Wanita (Garnita) Malahayati NasDem, Irma Suryani Chaniago, Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat, Saan Mustofa, dan para anggota Fraksi Partai Nasdem Jawa Barat juga turut hadir menjadi saksi dari pengukuhan tersebut.

Sejak awal, DPW Garnita Malahayati Partai NasDem telah dibangun berlandaskan spirit dan perjuangan selayaknya pahlawan perempuan negeri ini, Laksamana Malahayati. Gagasan-gagasan kaum perempuan dapat menjadi nafas pergerakan dan ispirasi untuk terus memajukan bangsa Indonesia. Maka dari itu, peran perempuan tidak boleh dipandang sebelah mata.

KESEDIAAN MEMBANTU MASYARAKAT

Setelah resmi terbentuk, Garnita Malahayati regional Jawa Barat telah banyak melakukan aksi sosial dalam membantu dan memberdayakan masyarakat. Salah satu agenda tetap dalam membantu menyejahterakan masyarakat tertuang dalam kegiatan santunan kepada para tukang becak di Provinsi  Jawa Barat menjelang Idul Fitri. Kegiatan ini telah berhasil terlaksana tahun lalu, tepatnya pada tanggal 21 Juni. “Saya sangat terenyuh sekali perjuangan tukang becak untuk menghidupi keluarganya. Makanya, kami berikan santunan. Dengan harapan bisa membantu mereka menghadapi lebaran,” ungkap Yeni, yang kerap pula disapa Yeyeng, saat memimpin kegiatan tersebut.

Aksi sosial ini mendapat respon positif dari para tukang becak di Kecamatan Cianjur dan Kecamatan Ciranjang. Raut bahagia menghiasi wajah mereka. Dalam kegiatan yang berlangsung di Gedung Bale Rancage Cianjur dan gedung PGRI Ciranjang Rabu, sebanyak 1.200 tukang becak yang biasa mangkal di wilayah Cianjur Kota dan Ciranjang berbaris tertib untuk mendapat santunan. Kegiatan ini juga telah diagendakan sebagai aksi sosial yang akan dilakukan tiap tahun.

Samsudin (57), salah seorang tukang becak warga Cibiuk Ciranjang Cianjur, mengungkapkan rasa senangnya. “Alhamdulillah, Ramadan ini berkah. Terima kasih Teh Yeyeng,” ujarnya. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ahmad Mustafa (39), “Saya cukup senang karena ini cukup membantu kami menjelang hari raya, meski bagi sebagian orang mungkin nilainya tidak seberapa.”

Selain memberikat bantuan dan santunan kepada para tukang becak, DPW Garnita Malahayati Partai NasDem Regional Jawa Barat juga kerap melakukan bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan gratis (pengobatan umum, pemeriksaan kanker serviks, dan penerimaan bantuan untuk operasi bibir sumbing) ataupun pemberian santunan kepada anak yatim dan jompo.

PRINSIP KEMANDIRIAN

Sejak awal, DPW Garnita Malahayati NasDem Jabar berpegang teguh pada prinsip kemandirian dan pemberdayaan perempuan. Kedua prinsip itu dipilih untuk mendukung para perempuan agar lebih maju dan mampu menjadi pemimpin yang mumpuni. Pemberdayaan perempuan dirasa vital untuk diperjuangkan. Sebab, memberdayakan perempuan berarti membangun masyarakat dari banyak sisi.

Untuk mewujudkan visi dan misinya, DPW Garnita Malahayati Nasdem Jabar secara rutin melaksanakan kegiatan yang menunjang skill kader wanitanya. Kemudian, untuk mencegah kadernya dari perilaku korup, Garnita Malahayati menjanjikan program kesejahteraan bagi kader perempuan yang kinerjanya bagus dan bertanggung jawab pada masyarakat. (*)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: