Direksi Marugame Udon Bantah Gunakan Bahan Kadaluwarsa

Pihaknya mengklaim produk dan semua bahan pangan yang digunakan aman, halal dan higienis.
, Majalah Kartini | 05/09/2016 - 15:30

 

MajalahKartini.co.id – Kepala Bagian Jaminan Mutu PT Sriboga Marugame Indonesia Ike Wahyu Andayani membantah gunakan bahan pangan kadaluwarsa. Menurut dia, mutu panganan yang disajikan di restorannya mengikuti standar internasional.

“Kami rutin mengadakan inspeksi dan food testing tiga bulan sekali,” kata Ike saat jumpa pers di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Minggu (4/9). Sebab itu, dia mengklaim produk dan semua bahan pangan yang digunakan aman, halal dan higienis.

“Jadi tidak perlu ada rasa khawatir,” kata dia. Menurutnya, dugaan penggunaan bahan pangan kadaluwarsa itu tak beralasan. “Kami menyayangkan berita yang sifatnya dugaan,” kata Ike dalam acara itu.

Restoran Marugame Udon diduga menggunakan bahan pangan kadaluwarsa. Caranya dengan melakukan penambahan masa simpan bahan pangan dari tanggal kadaluwarsa semestinya. Dugaan ini diungkapkan berdasarkan hasil investigasi Majalah Tempo dan BBC Indonesia.

BBC Indonesia menuliskan, pada 26 April lalu, polisi menggerebek gerai Marugame Udon di pusat berbelanjaan Gandaria City, Jakarta Selatan. Penggerebekan itu berlanjut ke gudang penyimpanan bahan beku milik Sriboga Food Group (SFG), di Bekasi, yang menurut polisi dipakai untuk Pizza Hut, PHD dan Marugame Udon.

Dari hasil penyitaan di gudang Bekasi, ditemukan bubuk Bonito dalam kemasan 8x250gram, diproduksi 24 Agustus 2015. Dan di labelnya, tanggal kadaluwarsa seharusnya jatuh pada 23 Februari 2016 namun bagian tersebut ditutup label baru bertanggal 23 Agustus 2016. Bubuk bonito ini digunakan oleh Marugame Udon untuk bahan baku pembuatan sup. (Foto: Istimewa)

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: