Demi Menjaga Kehamilannya, Meghan Markle Pilih Mengenakan Baju Cerah

Meghan Markle dan Pangeran Harry tetap berkunjung ke Fiji dan Tonga, meski ada travel warning yang menyarankan agar wanita hamil tidak memasuki daerah tersebut.
, Majalah Kartini | 26/10/2018 - 12:00

MajalahKartini.co.id – Melihat foto-foto yang beredar dari pasangan kerajaan Pangeran Harry dan Meghan Markle selama melakukan kunjungan resmi ke Fiji akhir Oktober ini, tampak Meghan selalu mengenakan balutan busana berwarna cerah. Ternyata ada alasan kesehatan di balik wardrobe tersebut. Dilansir dari Daily Mail, Meghan sengaja memakai baju cerah untuk mencegah terkena gigitan nyamuk penyebab virus Zika.

Menurut pakar, nyamuk cenderung tertarik pada warna-warna gelap termasuk baju. Dengan memakai busana berpalet terang, maka nyamuk akan menghindarinya.

Meghan Markle dan Pangeran Harry memutuskan tetap memenuhi jadwal kunjungan ke Fiji dan Tonga dalam rangkaian tur kerajaan pertama mereka, meskipun ada travel warning yang menyarankan agar wanita hamil tidak memasuki daerah tersebut. Terkait, Fiji dan Tonga termasuk dua negara berisiko dalam penyebaran virus zika yang dibawa nyamuk Aedes aegypti.

Virus Zika sangat berisiko menyerang ibu hamil dan membahayakan janin yang berada di kandungan. Wanita hamil yang terinfeksi virus Zika dapat menularkan virus ke janin, dan bisa berdampak negatif pada perkembangan bayi.

Meski cukup berisiko, tetapi pasangan kerajaan ini tetap menjalankan tugasnya. Istana Kensington mengonfirmasi bahwa Pangeran Harry dan Meghan Markle sudah berkonsultasi dengan dokter dan menyatakan aman bagi mereka untuk melanjutkan kunjungan ke Fiji dan Tonga.

“Memakai baju lengan panjang dan longgar akan membantu (terhindar dari gigitan nyamuk). Nyamuk bisa menggigit hingga menembus jeans jadi kalau bajunya longgar akan lebih sulit baginya untuk mengigit,” jelas Kepala Departemen Pengendalian Penyakit di London School of Hygiene and Tropical Medicine Profesor James G. Logan, dilansir dari Daily Mail.

“Memakai baju berwarna terang juga bisa membantu karena nyamuk-nyamuk ini sering lebih tertarik dengan baju gelap. Ini juga membantu kamu melihat jika ada nyamuk yang mendekat karena warnanya yang kontras,” ujar Profesor James menambahkan. (*)

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: