Cicipi Sate Gurita di Pulau Rubiah, Aceh

Jika biasanya sajian sate ditemani lontong dan acar, tapi tidak untuk sate gurita yang menggunakan emping serta timun sebagai bahan pelengkap.
, Majalah Kartini | 22/10/2018 - 13:00

MajalahKartini.co.id – Jika biasanya Anda mengenal sate ayam atau sate kambing, tetapi perlu Anda ketahui bahwa ada kuliner nusantara yang tak kalah lezat dari provinsi paling Barat, Indonesia, Aceh. Tepatnya berada di kepulauan Weh, Pulau Rubiah. Sajian sate gurita sangat populer di daerah yang notabene-nya dekat dengan laut dan pantai. Tentu hasil laut dimanfaatkan secara maksimal oleh penduduk sekitar guna meningkatkan perekonomian, salah satunya santapan sate gurita ini. Menyimak vlog seorang vlogger kuliner ternama Indonesia lewat channel YouTube bernama Nex Carlos, ia berkomitmen untuk memperkenalkan ragam kuliner dari seluruh Indonesia.

Sate gurita yang disajikan di Aceh ini terdiri dari potongan gurita dengan bumbu kacang layaknya sate ayam. Namun, bumbu rempah khas Aceh lebih kuat terasa pada saus kacang yang disiramkan di atas sate. Penyajiannya pun berbeda, jika biasanya sate disajikan dengan lontong dan acar, tetapi di sini seporsi sate gurita disajikan dengan emping dan potongan timun. Rasa dari kuliner ini sangat gurih dan menggoyang lidah, tak heran setiap wisatawan yang bertandang dan mencicipi sate gurita akan ketagihan dan tak sedikit yang membungkusnya pulang untuk dinikmati kembali sekembali ke hotel. Anda juga penasaran? Maka, jangan lupa mampir ke pulau-pulau cantik di ujung Aceh ini guna menikmati sepiring sate gurita. (*)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: