Cerita Sayur Lodeh dan Kisah Cinta Presiden Soekarno

Rasanya yang lezat ternyata mampu membuat seorang Presiden jatuh hati pada sosok yang memasaknya.
, Majalah Kartini | 27/11/2018 - 12:00

MajalahKartini.co.id – Anda pasti sudah tidak asing dengan makanan yang kerap menjadi sayur dalam hidangan khas nusantara ini, meski diketahui berasal dari tanah Jawa, tetapi tidak ada cerita sejarah yang mengisahkan asal mula hadirnya sayur yang terbuat dari santan dan ragam sayuran di dalamnya ini. Meski demikian, ada satu cerita menarik antara Presiden Soekarno dan sayur lodeh. Penasaran?

Siapa kira, kisah asmara antara presiden pertama Indonesia Ir Soekarno dan salah satu istrinya, Sri Suhartini berawal dari sayur lodeh. Dalam buku “Srihana-Srihani Biografi Hartini Sukarno”, Hartini mengisahkan momen pertemuannya dengan Soekarno untuk pertama kalinya.

Pada 1952, Soekarno beserta rombongan singgah di Salatiga dalam perjalanan ke Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Setelah berpidato di hadapan rakyat Salatiga, Soekarno beristirahat dan makan siang di rumah Walikota Salatiga.

Di antara beragam sajian di meja makan hasil olahan para ibu, Soekarno begitu lahap menyantap sayur lodeh. Belum selesai ia menyantap menu kesukaannya itu, Soekarno bertanya kepada sang Walikota, “Siapa yang memasak sayur lodeh seenak ini? Aku ingin berterimakasih kepadanya.”

Itulah momen pertama Hartini bertemu Soekarno. Gugup dan senang ketika maju dan mengulurkan tangan. Bung Karno terpesona oleh kecantikan Hartini. Sambil tetap memegang tangan Hartini, Bung Karno bertanya, “Rumahnya di mana? Anaknya berapa? Suami?”.

Cukup menarik ya, lewat santapan lezat sayur lodeh tercipta rasa cinta. Nah, jika Anda belum memiliki ide menyajikan hidangan spesial untuk keluarga tercinta, yuk masak sayur lodeh untuk mereka. Menu “Lodeh Tahu Sawi Hijau” dari Selera Nusantara berikut ini mungkin dapat menginspirasi. (*)

 

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: