Center of Excellence Menjadi Target DWP Pusat di Tahun 2018

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pusat menggelar Breakfast Meeting guna meningkatkan silaturahmi serta mengevaluasi program-program kerja DWP menuju center of excellence.
, Majalah Kartini | 31/01/2018 - 16:06

MajalahKartini.co.id – Berlangsung di gedung Dharma Wanita Persatuan Pusat, Kuningan, Jakarta, acara yang bertajuk “Breakfast Meeting Dharma Wanita Persatuan” ini sukses digelar. Kegiatan yang dimulai sejak pukul 09.00 pagi hingga 13.00 siang ini terbagi dalam tiga sesi, yakni pemaparan evaluasi program kerja (2015-2017), diskusi tanya jawab, serta pemaparan peraturan yang berlaku untuk seluruh anggota DWP.

Ketua Umum DWP Wien Ritola Tasmaya mengatakan, “Acara ini sengaja kita buat sebagai ajang pertemuan antara DWP Pusat dan para Ketua Unsur Pelaksana DWP Instansi Pemerintah Pusat (DWP IPP). Kenapa harus dibuat? Karena berdasarkan evaluasi di akhir tahun 2017 melalui e-reporting, memperlihatkan bahwa ada beberapa dari unsur pelaksana yang melakukan program kerja secara bagus, sedang, atau bahkan tidak berjalan. Diharapkan melalui acara seperti ini, kita dapat betul-betul mendeteksi dan memonitor jalannya program-program kerja yang sebelumnya sudah sama-sama kita buat. DWP sebagai mitra strategis pemerintah tentu membuat program-program kerja mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) pemerintahan pak Jokowi-JK. Oleh karena itu, diperlukan monitor dan evaluasi agar program kerja bisa berjalan lancar serta mampu dipertanggungjawabkan di rapat Musyawarah Nasional (Munas).”

Dari beragam evaluasi yang dibahas di acara ini, dipaparkan juga hasil rakernas dari berbagai komisi DWP untuk disebarluaskan ke seluruh anggota guna menjadi acuan dalam program kerja. Selain itu, guna mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, DWP juga membahas metode e-reporting sebagai sistem komunikasi laporan baru yang harus digunakan dalam organisasi DWP.

Hingga sekarang, 88 persen DWP IPP sudah melaksanakan e-reporting walaupun belum sempurna. Diharapkan ke depannya, e-reporting sudah dapat dilakukan 100 persen. Selanjutnya, diimbau juga untuk seluruh anggota DWP agar aktif berpartisipasi dalam website resmi DWP, mengingat saat ini semua orang mudah mengakses informasi melalui website atau internet, tentu diharapkan DWP juga hadir di media tersebut.

Terdapat empat misi optimalisasi program kerja DWP 2018, “Pertama adalah meningkatkan kualitas pengurus dan anggota untuk bisa profesional dan berwawasan global, diharapkan dari pelaku domestik dapat menjadi pelaku publik yakni dengan optimalisasi capacity building melalui banyak membuat seminar, talk show, diskusi, dan sejenisnya. Kedua adalah, optimalisasi program kerja di berbagai bidang, seperti pendidikan, ekonomi, sosial, budaya. Ketiga, adalah optimalisasi kerjasama antar pihak. Yakni kemitraan strategis dengan pemerintah dan pihak swasta. Selanjutnya, yang keempat adalah optimalisasi sistem informasi manajemen DWP secara terintegrasi dengan menggunakan e-reporting,” jelas Wien.

Ditegaskan kembali pada acara ini, harapan DWP di tahun 2018-2019 adalah “Bagaimana kita dapat mengoptimalkan semua program-program berjalan lancar, termasuk meningkatkan kemitraan baik dengan pihak swasta dan pemerintah yang harus terus bertambah. Semua harus fokus kita lakukan demi mencapai target, bahwa DWP harus menjadi center of excellence atau menjadi pusat pelatihan perempuan yang pintar. Saya yakin DWP bisa mencapai target lebih dari 75 persen,” tutup Wien mantap. (Indri Wulandari/Foto: Turida Wijaya)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: