Cegah Perdagangan Orang, Kementerian PP dan PA Bentuk Satgas ‘Human Trafficking’

Satgas diharapkan dapat menyelesaikan benang kusut permasalahan ‘human trafficking’ di masing-masing provinsi.
, Majalah Kartini | 26/08/2016 - 11:00

MajalahKartini.co.id – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen-PPPA) membentuk satuan tugas (satgas) pemberantasan ‘human trafficking’ di tiap provinsi sehubungan dengan semakin maraknya tindakan perdagangan manusia ke luar negeri.

Kepala Bidang Partisipasi Lembaga Profesi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA) Rizkiyono di Tanjung Selor melalui siaran persnya, Kamis (25/8), menyatakan satgas ini nantinya berkewenangan melakukan penanganan masalah perdagangan manusia di wilayah masing-masing.

Satgas tersebut dibentuk dalam rangka mengurangi tindak pidana perdagangan orang yang terdata cukup tinggi. Bahkan, kata Rizkiyono, tidak sedikit kasus yang sama yang tidak terdata karena pengirimannya ke luar negeri menggunakan jalur resmi dan jalur-jalur tikus yang sulit terpantau aparat hukum dengan menggunakan cukong.

Ia mengharapkan setelah satgas penanganan kasus perdagangan manusia ini terbentuk, masyarakat tidak segan melapor apabila menemukan upaya-upaya penyelundupan manusia ke luar negeri.

Rizkiyono mengaku masih kebingungan memutuskan mata rantai perdagangan manusia di Indonesia disebabkan banyak korban yang tidak melaporkan kasus yang dialaminya sehingga sulit mencari titik terang permasalahannya. (Foto: matthewoldfield.photoshelter.com)

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: