Cegah Kanker Payudara dengan Makanan Ini

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyatakan kalau penyakit yang paling tinggi merenggut nyawa kaum wanita adalah kanker payudara.
, Majalah Kartini | 06/05/2019 - 10:00

MajalahKartini.co.idKanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh setiap orang di dunia. Penyakit ini dikenal ganas dan bisa merenggut nyawa manusia.

Foto: Istimewa

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyatakan kalau penyakit yang paling tinggi merenggut nyawa perempuan adalah kanker payudara. Pada tahun 2018 kanker payudara pada perempuan yaitu sebesar 42,1 per 100.000 penduduk. Dengan rata-rata kematian 17 per 100.000 penduduk. Hingga saat ini para ilmuwan belum bisa menetapkan apa penyebab pasti penyakit kanker. Walau begitu, kita bisa mengurangi risiko kanker dengan menjalani gaya hidup sehat.

Baca Juga: Begini Cara Deteksi Dini Kanker Payudara

Bisa Menyerang Kaum Pria

Bukan saja menyerang payudara, kanker bisa menyerang banyak bagian tubuh, seperti rahim, kulit, darah, paru-paru, hati, dan payudara. Kanker payudara awalnya bisa tumbuh dari berbagai bagian payudara. Biasanya sebagian besar kanker payudara dimulai pada saluran yang membawa susu ke puting. Selain itu kanker payudara yang bisa dimulai dari kelenjar yang membuat ASI.

Penyakit ini ternyata bisa juga menyerang kaum pria. Maka, sebenarnya kanker payudara harus selalu diwaspadai untuk semua kalangan. Masyarakat diharapkan untuk selalu mengantisipasi dan mencegah. Gunanya agar penyakit berbahaya ini tidak masuk ke tubuhnya. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk pencegahan adalah dengan cara makan makanan yang sehat dan bergizi. Berikut rangkuman makanan pencegah kanker payudara dari berbagai sumber.

Baca Juga: Serba Serbi Kanker Payudara yang Penting Diketahui

  1. Salmon

Mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Salmon memiliki nutrisi penting yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Sebagai sumber omega-3 dan vitamin B12 dan D, salmon dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mengatur pertumbuhan sel dan mencegah kanker. Bahkan, beberapa jenis Vitamin B12 (methylcobalamin) terbukti efektif dalam pengobatan kanker.

  1. Telur

Wanita yang mengonsumsi kolin dalam jumlah tinggi pada telur, memiliki risiko kanker payudara yang lebih rendah. Sebabnya telur mengandung nutrisi penting yang dikenal sebagai kolin. Inilah yang dapat melawan kanker payudara. Telur tidak hanya dipercaya untuk mencegah kanker payudara, melainkan juga untuk kesehatan otak.

  1. Kedelai

Dilansir dari medicalnewstoday, penelitian ekstensif selama 25 tahun terakhir telah mengidentifikasi kedelai sebagai sumber makanan yang sangat menyehatkan. Kedelai kaya protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral, tetapi rendah karbohidrat. Selain mengurangi risiko kanker payudara, kedelai juga dapat mengurangi lipoprotein densitas rendah atau kolesterol jahat. Kedelai juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

  1. Jamur

Dengan mengonsumsi jamur kancing setiap hari, dapat mengurangi 60% risiko terjangkit kanker payudara. Jamur shitake kaya akan antioksidan L-ergothioneine yang melindungi tubuh dari kanker. Ini dikarenakan jamur mampu mendeteksi sel kanker sekaligus membunuh jaringan tumor di tubuh.

Baca Juga: Benarkah Menggunakan Bra Berkawat Sebabkan Kanker Payudara?

  1. Kacang-Kacangan

Biji-bijian seperti walnut dan flaxseed merupakan sumber serat yang tinggi yang baik untuk saluran pencernaan. Selain itu, kacang ini juga dapat menjaga gula darah dalam tubuh secara konsisten dan memperlambat pertumbuhan sel kanker.

  1. Bawang putih

Senyawa allium yang dikandung bawang putih merupakan senyawa pelawan kanker. Bawang putih terbukti dapat memperlambat pertumbuhan tumor dan mencegah risiko kanker payudara. Anda dapat mengonsumsi bawang putih dengan cara dihancurkan. Bisa juga dengan menelan sepotong bawang putih setiap pagi.

  1. Ubi Jalar

Sayuran berwarna oranye ini merupakan sumber utama karotenoid. Dikenal juga sebagai beta-karoten. Perempuan yang mengonsumsi lebih banyak ubi jalar memiliki risiko 17 persen lebih rendah terkena kanker payudara jenis tertentu.

  1. Bayam

Perempuan yang belum mengalami menopause dan rutin mengonsumsi bayam bisa menurunkan risiko kanker payudara sebanyak 40%. Karena folat dan vitamin B yang terkandung dapat menghalangi perubahan DNA penyebab kanker payudara.

  1. Beri

Buah beri seperti blueberry, stroberi, dan raspberry hitam, mengandung polifenol tinggi yang memiliki sifat antikanker. Buah ini juga tinggi antioksidan, seperti vitamin C, buah beri sudah terbukti dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara.

Baca Juga: Radioterapi Modalitas Utama Pengobatan Kanker. Efektifkah?

  1. Plum

Sebuah penelitian pada 2009, polifenol yang berada dalam plum dan persik dapat membantu mencegah pembentukan sel kanker payudara. Selain itu juga plum berfungsi untuk membantu menghentikan proses perkembangbiakan sel-sel kanker ke seluruh tubuh. Polifenol membantu membunuh sel kanker sambil meninggalkan sel sehat sendiri.

  1. Brokoli

Sayuran ini adalah persilangan dari kembang kol dan kangkung. Brokoli termasuk dalam keluarga tanaman Cruciferae. Kaya akan sulforophane dan indol, brokoli terbukti mengatur pertumbuhan sel dengan berbagai cara. Inilah yang membantu melawan berbagai kanker. Termasuk kanker payudara. Kandungan antioksidan sulforaphane di dalamnya membantu melawan penyakit dengan meningkatkan enzim pelindung tubuh. Sekaligus menemukan dan membunuh sel-sel tumor yang berkembang di tubuh.

  1. Buah delima

Varian buah ini dianjurkan untuk mencegah kanker payudara. Buah delima mengandung polifenol-asam ellagic dengan sifat anti-oksidan yang dapat mencegah pertumbuhan kanker. Masukkan buah lezat ini ke dalam makanan dan temukan manfaat kesehatan yang efektif.

  1. Kunyit

Rempah yang biasanya dipakai untuk memasak ini memiliki bahan kimia bernama curcumin yang dapat memberantas tumor kanker payudara. Juga efek anti-inflamasi yang melindungi kesehatan.

  1. Paprika

Jenis sayuran ini mengandung capsaicin tinggi. Paprika juga kaya akan phytochemical atau nutrisi yang akan membantu melawan kanker. Sedangkan kandungan capsaicin dapat melawan laju pertumbuhan sel kanker. Ada dua jenis paprika yang cocok dikonsumsi untuk mencegah kanker. Paprika hijau kaya akan klorofil yang dapat mengikat karsinogen penyebab kanker yang ditemukan di usus. Paprika merah memiliki capsaicin dan antioksidan karotenoid.

  1. Minyak Ikan

Lemak omega-3 dalam minyak ikan dapat membantu mengurangi peradangan. Serta menurunkan risiko karsinoma duktal. Inilah tipe kanker payudara yang paling umum menyerang perempuan. Anda juga bisa rutin mengonsumsi ikan tuna atau salmon yang kaya akan vitamin D dan memiliki kandungan sama baiknya dari minyak ikan.

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: