Cegah Haus Berlebihan Saat Puasa dengan Buah Ini

Buah yang mengandung banyak air tentunya sangat menyegarkan dan mampu mengatasi hidrasi tubuh.
, Majalah Kartini | 18/05/2019 - 08:00

MajalahKartini.co.id – Cara untuk mengatasi haus di bulan Ramadan ini adalah hidrasi dan penyimpanan air di tubuh Anda. Begitu berbuka puasa, mungkin Anda akan langsung menyerbu minuman dingin atau es soda. Tapi, tahukah Anda bila minuman soda dan minuman dingin manis menyebabkan rasa haus yang luar biasa? Karena minuman soda dan minuman dingin manis mengisi perut, sehingga mencegah tubuh menggunakan cairan.

Buah Ini Mampu Cegah Haus Berlebihan Saat Puasa

Ada beberapa hal yang bisa Anda makan dan minum saat sahur dan berbuka puasa, sehingga membuat puasa terasa lebih mudah keesokan harinya seperti dilansir dari Fustany:

1. Makan semangka
Semangka adalah buah yang menakjubkan, sangat menyegarkan untuk dimakan. Karena, semangka terbentuk dari 91 persen air, dan hanya 6 persen gula. Jika Anda bosan selalu mengunyah semangka, jadikan smoothie.

2. Makan tomat
Tomat juga sangat juicy dan membuat Anda terhidrasi. Jadi, pastikan untuk memasukkan tomat ke dalam menu sahur dan berbuka puasa Anda, agar tidak mudah haus selama Ramadan.

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Nusantara yang Ada di Bulan Ramadhan

3. Makan mentimun
Mentimun juga merupakan salah satu makanan yang terdiri dari 90 persen air. Pastikan memasukan mentimun ke dalam menu sahur Anda. Karena, mentimun akan membuat Anda segar dan terhidrasi selama menjalani puasa.

4. Berhenti minum kopi
Pencinta kopi mungkin tidak sabar menunggu waktu berbuka puasa untuk membuat secangkir kopi. Namun, Anda benar-benar berhenti dari kebiasaan ini, atau setidaknya mengurangi. Kafein dalam kopi membuat Anda ingin buang air kecil lebih sering, sehingga tubuh kehilangan cairan. Inilah yang membuat Anda merasa sangat haus ketika berpuasa.

5. Hindari mengeluarkan keringat terlalu banyak
Mencegah haus triknya adalah menyimpan cairan di tubuh Anda. Dengan trik ini, semangka atau mentimun yang Anda makan saat sahur benar-benar akan melakukan fungsi mereka. Menjaga hidrasi tubuh, sehingga Anda tidak merasa terlalu haus ketika berpuasa. (Foto: Shutterstock)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: