Cara Siasati Anak Tak Disiplin Saat di Meja Makan

Anak-anak memang selalu terlihat rewel dan tak mau diam, begitu pun ketika di meja makan.
, Majalah Kartini | 19/07/2017 - 18:03

Cara Siasati Anak Tak Disiplin Saat di Meja Makanra

MajalahKartini.co.id – Bila Anda memiliki anak-anak kecil suka melempar makanan, naik ke meja makan, atau keluar dari tempat duduk, mungkin sudah tidak yakin dapat mengajarkan mereka tata krama makan di meja makan.

Namun, jangan khawatir, bahkan balita pun bisa diajarkan bagaimana menjadi tamu dinner yang baik. Melansir dari Parents, Rabu (19/7/2017) berikut table manners yang harus diketahui anak.

1.Hadir
Biasakan anak ke meja dan tetap bersama keluarga bahkan jika dia tidak lapar. Jadi, sikap dasar yang diminta darinya datang ke meja, duduk di kursinya selama beberapa menit, dan menghabiskan beberapa waktu bersama orangtua, bahkan jika dia memutuskan untuk melewatkan makan, seperti balita, dia belajar menjadi teman makan yang menyenangkan dan cukup sopan.

2.Melakukan bagian mereka
Ada tahap di mana balita akan membuang makanan jika mereka tidak suka. Coba meminta mereka untuk membuat tumpukan kecil dari piring mereka untuk mengatasi kebiasaan itu. Minta anak laki-laki juga untuk meletakkan tempat mereka di meja dan membersihkan piring sendiri setelah semua selesai. Memberi mereka tugas pada waktu makan sepertinya membantu berada di meja bersama meski balita tidak bisa diam.

3.Permisi 

Karena anak-anak tidak bisa diam, ini memang tantangan menahan mereka selama 10 menit. Tapi jika anak terus rewel, pastikan orangtua mengatakan “permisi” saat harus membawanya keluar dari meja. Ini pelajaran bagi anak, untuk melakukan hal yang sama jika makan bersama di meja.

4.Gunakan kata-kata
Ketika anak-anak balita, fokus untuk mengajari mereka kata-kata ‘tolong’ dan ‘terima kasih’. Cukup mudah untuk diajar. Tips suksesnya adalah meniru kata-kata ini sendiri saat berbicara dengan mereka, dan dengan lembut membimbing dan mengingatkan anak-anak untuk menggunakannya. Seiring bertambahnya usia, mereka belajar meminta sesuatu saat makan di meja dan menggunakan kata-kata tersebut. (Foto: ilustrasi)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: