Cara Ampuh Atasi Tumit Kaki Kering & Pecah-Pecah

Jangan sampai tampilan Anda tampak tidak maksimal akibat tumit kaki yang pecah-pecah.
, Majalah Kartini | 12/11/2018 - 15:05

MajalahKartini.co.id – Masalah tumit kaki yang kering dan pecah-pecah seperti sudah menjadi masalah umum yang banyak mendera sebagian orang. Hal ini disebabkan kondisi kulit kaki yang pada dasarnya sudah kering, karena tidak memiliki satu pun kelenjar minyak. Kekeringan ini membuat kulit kaki mudah kapalan dan retak. Maka, ketika kaki menapak tanah untuk menopang tekanan berat badan selama berjalan, kulit kaki yang kering dan tebal tersebut akan mudah pecah. Sehingga terjadilah kulit pecah-pecak pada tumit kaki. Meski masalah umum, tetapi untuk estetika seorang perempuan tentu penting mengatasi kulit kaki pecah-pecah. Bagaimana caranya? Di bawah ini KARTINI berikan solusi untuk Anda!

Pijat dengan minyak. Berikan kelembapan yang sangat dibutuhkan oleh kaki dengan mengoleskan minyak. Anda dapat menggunakan minyak sayur apapun, mulai dari minyak zaitun, minyak almond, minyak wijen, tea tree oil, hingga minyak kelapa. Caranya, lumuri kaki bermasalah Anda dengan minyak pilihan Anda lalu pijat perlahan, lakukan setiap malam sebelum tidur. Minyak akan membantu melembapkan kulit, sementara pijatan akan membantu merangsang sirkulasi agar mempercepat penyembuhan kulit pecah-pecah. Kemudian bungkus dengan kaus kaki dan biarkan minyak menyerap semalam suntuk.

Oleskan pelembap. Carilah krim pelembap yang kental dan kaya, seperti shea butter, gel lidah buaya, atau petroleum jelly. Pokoknya, semakin berminyak tekstur pelembap Anda semakin bagus untuk menyembuhkan kulit kaki yang kering dan retak. Caranya, bersihkan kaki lalu keringkan dan oleskan tebal-tebal tumit kaki dengan pelembap pilihan Anda setiap malam menjelang tidur.

Lulur oatmeal. Lulur oatmeal telah digunakan selama ratusan tahun sebagai penyembuh iritasi dan peradangan kulit. Menggabungkan oatmeal dan minyak zaitun merupakan metode perawatan yang baik untuk penyembuhan kaki pecah-pecah. Caranya, aduk rata satu sendok makan oatmeal kering dan satu sendok makan minyak zaitun (minyak almond juga ampuh!) hingga membentuk pasta. Lumuri kaki yang bermasalah dengan lulur oatmeal ini, biarkan meresap hingga setengah jam dan bilas bersih. Kemudian oleskan pelembap kulit. Lakukan lulur oatmeal setiap dua hari sekali sampai gejala membaik.

Masker alpukat pisang. Caranya, ambil satu buah pisang matang dan setengah alpukat, haluskan keduanya dan campur merata hingga menjadi pasta. Balurkan pasta buah ini di daerah kaki yang bermasalah dan biarkan selama sekitar 10-20 menit. Selanjutnya, bilas bersih kaki Anda dengan air hangat suam kuku. Kemudian oleskan pelembap kulit.

Masker tepung beras. Tekstur tepung beras yang bergerinjil kasar mampu mengelupas, membersihkan, dan menutrisi kulit kaki dengan asupan mineral penting. Caranya, ambil dua hingga tiga sendok makan tepung beras dan tambahkan beberapa tetes madu serta cuka sari apel. Rendam kaki Anda dalam air hangat selama 10 menit, setelah dikeringkan, balurkan masker tepung beras tadi pada kaki yang bermasalah dan pijat dengan lembut untuk mengangkat lapisan kulit mati. Anda dapat menerapkan scrub kaki ini dua kali seminggu untuk hasil terbaik. (*)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: