Indahnya Tiga Surga Tersembunyi di Pulau Sumba!

Indonesia kaya akan keindahan alam yang menakjubkan, salah satunya di Pulau Sumba.
, Majalah Kartini | 22/12/2018 - 09:00

Danau weekuri tampak bersebelahan dengan laut lepas

MajalahKartini.co.id – Musim liburan telah tiba, ke mana destinasi liburan akhir tahun Anda? Jika Anda ingin menikmati indahnya panorama alam berupa pantai, danau, dan sungai cantik maka Pulau Sumba memiliki jawaban terbaik. Masih liarnya alam di Pulau Sumba, membuat keindahan alam yang belum terjamah banyak wisatawan kian eksotis dan memesona. Penasaran ada apa saja di sana? Tiga destinasi di bawah ini adalah di antaranya.

Danau Weekuri

Wisatawan berenang di Danau Weekuri

Inilah salah satu tempat wisata di Sumba yang paling diunggulkan. Danau Weekuri merupakan danau air asin satu-satunya di Indonesia. Kenapa asin? Karena sebenarnya danau ini adalah sebuah laguna yang terbentuk dari air lautan lepas yang berada di kisaran danau. Air tersebut masuk dari celah-celah bebatuan yang berada di gugusan karang sekitaran danau. Selain sifat air payau yang dibawa dari laut, uniknya lagi di danau ini terdapat beberapa titik sumber mata air yang membuat gradasi warna air di danau ini bervariatif, yaitu ada yang berwarna biru cerah, biru sedikit kehijau-hijauan bahkan ada yang rasanya hangat dan ada yang dingin.

Pemandangan sekelilingnya pun sangat indah karena diselimuti batu karang. Hanya dipisahkan oleh tebing, kolam pasang surut dengan dasar berpasir ini hanya berjarak 20 meter dari laut. Airnya yang sejuk dengan kedalaman yang dangkal sangat cocok untuk berenang atau bermain air. Danau Weekuri terletak di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Danau Weekuri adalah jam 4 sore hari. Pada sore hari matahari mulai condong ke barat sehingga langitnya yang biru akan memantulkan cahaya ke danau, selain itu juga pengunjung dapat menyaksikan matahari terbenam dari atas puncak bukit karang ini.

 

Air Terjun Waimarang yang Spektakuler

Air terjun waimarang

Jauh di kedalaman hutan Sumba, Anda dapat menemukan kesegaran air terjun berkeliling tebing megah nan menawan. Aliran air setinggi dua meter jatuh di tengah kolam yang jernih, tenang, dan berwarna biru kehijauan.Air terjun menawan itu bernama Air Terjun Waimarang. Aliran air setinggi dua meter jatuh ke kolam yang tenang, jernih, dengan air berwarna biru kehijauan.

Menjelang siang, sinar matahari pun akan menerobos celah tebing batu dan membiarkan air terjun memantulkan cahaya yang semakin mempercantik panoramanya. Untuk mencapai lokasi ini, Anda bisa memulai perjalanan darat dari Kota Wangaipu menuju Desa Watu Hadang. Selanjutnya, Anda harus trekking untuk menuruni bukit guna mencapai Air Terjun Waimarang yang memiliki pesona alam luar biasa. Sebelum ke sini, Anda harus menyiapkan berbagai perlengkapan sebelumnya, mulai dari baju ganti, hingga makanan. Karena Kawasan wisata ini masih terbilang liar maka belum ada fasilitas memadai di sana.

 

Serunya River Tubing di Tanggedu

Air terjun tanggedu yang mirip grand canyon di Amerika

Keindahan alamnya yang memukau dan masih asri terjaga karena terhindari dari jangkauan tangan-tangan jahil. Air Terjun Tanggedu konon disebut mirip salah satu spot petualangan terkenal di Amerika, yaitu Grand Canyon. Meski demikian, Tanggedu memiliki keunggulan tersendiri. Terdapat hamparan tebing-tebing curam dengan relief dan pola unik yang menyelimuti. Istimewanya, Air Terjun Tanggedu tetap berdiri kokoh di antara tebing-tebing terjal tersebut.

Airnya yang bersih, bening kebiru-biruan membuat air terjun ini kian cantik rupawan. Debit air yang cukup deras sangat menggoda mayoritas wisatawan untuk melakukan body rafting atau river tubing di sini. Terlebih, air sungainya tidak terlalu dalam, sehingga relatif aman. Terletak 45 km sebelah utara Waingapu, air terjun ini paling baik dicapai menggunakan mobil atau sepeda motor. Anda akan melewati desa tradisional Mondu dan Prainatang. (*)

Tags: , , , , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: