Buang Sampah Sembarangan Di Stasiun MRT Denda Rp 500 Ribu

Warga yang membuang sampah sembarangan di area stasiun MRT dikenakan denda.
, Majalah Kartini | 04/04/2019 - 08:00

Foto: Istimewa

MajalahKartini.co.id – Sempat viral terjadi penumpukan sampah di stasiun Moda Raya Terpadu (MRT). Upaya menjaga kebersihan area stasiun, Pemprov DKI Jakarta dan PT MRT Jakarta akan melakukan tindakan tegas. Warga yang membuang sampah sembarangan dikenakan denda.

Coorporate Secretary Division Head MRT Jakarta, Muhammad Kamaluddin menjelaskan sebenarnya sudah ada tempat sampah di sekitar pintu masuk Stasiun MRT pada fase uji coba publik, tetapi faktanya banyak penumpang yang belum sadar masih membuang sampah sembarangan.

Baca Juga: Sanksi Bagi Penumpang yang Makan dan Minum di MRT

Kamal menegaskan mulai 1 April 2019 telah disediakan tempat sampah di sekitar pintu masuk Stasiun MRT, sehingga tidak ada alasan lagi bagi orang untuk membuang sampah sembarangan. Jika masih ditemukan hal seperti itu, orang tersebut akan ditangkap oleh petugas keamanan dan dikenakan denda sebesar Rp 500 ribu. Hal itu sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2013 tentang pengelolaan sampah.

Awalnya, PT MRT Jakarta tidak ingin menyediakan tempat sampah di area stasiun untuk membiasakan masyarakat menahan diri supaya tidak makan dan minum di transportasi umum.

Namun, pada pelaksanaannya masyarakat masih saja makan dan membuang sampah sembarangan di area stasiun MRT Jakarta. Foto sampah yang berserakan di Stasiun MRT langsung viral di media sosial dan menjadi sorotan dari para netizen hingga media internasional.

Foto: Istimewa

Demi kenyamanan penumpang PT MRT Jakarta memberikan tanggung jawab kepada petugas keamanan untuk lebih sering berpatroli mengawasi kebersihan Stasiun MRT.

“Kami tegaskan sekarang kalau ada yang kedapatan buang sampah sembarangan, kami langsung foto orangnya oleh pegawai keamanan kami, kemudian foto KTP-nya di sana akan ada,’ tutupnya, Selasa (2/4/19).(*)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: