BPOM Menyadari Pentingnya Jajanan Sehat di Sekolah

Jajanan sehat adalah jajanan yang aman, bermutu dan bergizi serta memastikan bahwa tidak ada unsur pangan yang tidak aman dan berbahaya.
, Majalah Kartini | 08/10/2016 - 09:00

MajalahKartini.co.id – Sebagai mitra strategis dalam Minum Susu Tiap Hari Untuk Anak Cerdas Aktif Indonesia (Gerakan Nusantara), Direktur Survei dan Penyuluhan Keamanan Pangan Badan POM RI Drs. Halim Nababan, MM mengatakan, adanya kegiatan sosialisasi kantin dan jajanan sehat yang menjadi salah satu kegiatan dalam program ini juga sejalan dengan salah satu program BPOM.

Program tersebut salah satunya mengedukasi komunitas sekolah dalam memahami pentingnya para siswa untuk mengonsumsi hanya jajanan yang aman, bermutu dan bergizi serta memastikan bahwa tidak ada unsur pangan jajanan yang tidak aman dan berbahaya yang berada di lingkungan sekolah dan sekitarnya. “Tentunya kami berharap bentuk sinergi ini dapat terus berlanjut untuk mencapai sasaran yang lebih luas demi peningkatan kualitas dan status gizi anak Indonesia,” tutur Halim pada acara pencanangan Gerakan Nusantara di Jakarta, Kamis (6/10).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa kampanye Kantin Sehat dalam Gerakan Nusantara telah mendapatkan pengakuan dimana Frisian Flag Indonesia (FFI) telah turut serta dan mendukung program Aksi Nasional Pangan Jajanan Anak Sekolah (AN-PJAS) dari BPOM RI. Program Gerakan Nusantara tahun 2016 juga memberikan perhatian khusus kepada pihak sekolah dan guru yang memegang peranan penting dalam membentuk sikap dan perilaku siswa dalam berperilaku hidup sehat, diantaranya melalui berbagai kegiatan pelatihan edukasi gizi terpadu.

Setelah beberapa tahun menyelenggarakan training guru, Gerakan Nusantara memperkaya programnya dengan Training of Trainers (ToT) bagi guru yang dimulai tahun ini di wilayah NTT. Aktivasi Training of Trainers (ToT) ini bertujuan untuk mempersiapkan guru-guru pilihan menjadi duta gizi yang dapat menyampaikan kembali ilmu yang diperoleh pada komunitas lingkungan sekolah dan masyarakat.

Gerakan Nusantara juga melakukan seminar gizi untuk orangtua murid di beberapa sekolah terpilih yang bertujuan agar kesadaran berperilaku sehat dan aktif juga dapat dimulai dari lingkungan keluarga. “Kami berharap dapat terus melakukan penyempurnaan program Gerakan Nusantara melalui kerja sama dengan lebih banyak mitra strategis khususnya pemerintah daerah, serta dengan pihak eksternal sekolah yang menjadi bagian dari kelompok sasaran edukasi dan pembinaan gizi selanjutnya,” kata Andrew F. Saputro, Head of Corporate Affairs Frisian Flag Indonesia.(Foto: FFI)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: