Bolt Tutup, Kominfo Pastikan Layanan TV & Internet Kabel First Media Aman

Bagi Anda yang menggunakan layanan First Media untuk TV kabel dan Internet di rumah dapat bernapas lega.
, Majalah Kartini | 29/12/2018 - 12:00

MajalahKartini.co.id – Kabar yang beredar mengenai penghentian layanan PT First Media Tbk (KBLV) dan PT Internux (Bolt) oleh Kominfo tak mempengaruhi layanan TV dan internet kabel First Media. Hal itu ditegaskan Ismail selaku Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kementerian Kominfo.

“Tidak terpengaruh, yang ditutup adalah penggunaan frekuensi 2,3 GHz. Jadi, layanan First Media yang melalui media kabel optik dapat tetap beroperasi,” jelas Ismail. Untuk Anda ketahui, layanan yang dioperasikan oleh PT First Media Tbk (KBLV) adalah layanan internet berbasis nirkabel dengan menggunakan teknologi 4G LTE. Sedangkan layanan First Media untuk TV kabel & High Speed Broadband Internet berbasis kabel, yang menggunakan teknologi Hybrid Fiber Coaxial (HFC) dan teknologi Fiber-To-The-Home (FTTH), dioperasikan PT Link Net Tbk (LINK).

Itulah mengapa konfirmasi Bolt tutup pada Jumat (28/12) tidak memiliki pengaruh pada layanan TV dan internet First Media yang tetap bisa diakses. Seperti pemberitaan sebelumnya, PT First Media Tbk (KBLV) dan PT Internux (Bolt)diberhentikan beroperasi oleh pemerintah karena kedua perusahaan Lippo Group tersebut dinyatakan tak mampu membayar utang pembayaran Biaya Hak Penggunaan (BHP) frekuensi di 2,3 GHz untuk tahun 2016 dan 2017. Jumlah tunggakan pokok dan dendanya masing-masing sekitar Rp 364 miliar. Sedangkan Bolt sendiri, sebelum kini layanannya dihentikan menyentuh angka Rp 343 miliar. (*)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: