Bius Pesona ‘Matahari Terbit’ di Bukit Sidengkeng Dieng

Bukit Sidengkeng dikenal sebagai salah satu tempat untuk menikmati ‘golden sunrise’ di Dataran Tinggi Dieng.
, Majalah Kartini | 07/08/2016 - 07:00
MajalahKartini.co.id- Matahari terbit dari balik perbukitan perkasa di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Satu per satu orang mengeluarkan perangkat fotografi mereka, mengabadikan semburat ’emas’ sang batara surya muncul perlahan di tengah dinginnya Bukit Sidengkeng.
Tak seperti biasanya, kawasan Bukit Sidengkeng dipenuhi oleh ratusan wisatawan yang penasaran dengan ‘golen sunrise’ dan ‘silver sunrise’ yang konon menjadi keistimewaan tempat tersebut. Terlebih, kesempatan itu bersamaan dengan digelarnya ‘Dieng Culture Festival (DCF) VII’.
Wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia itu rela berjalan kaki menembus kabut dan dinginnya udara Dieng sambil menyusuri kebun wortel di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, untuk menjangkau puncak Bukit Sidengkeng, Sabtu (6/8) pagi.
Sesampainya di puncak bukit yang juga dikenal dengan sebutan ‘Bukit Scooter’ itu, para wisatawan langsung mencari posisi terbaik untuk bisa mengabadikan matahari terbit menggunakan kamera yang mereka bawa. Bahkan, beberapa dari mereka harus rela bergantian menaiki gardu pandang yang hanya berkapasitas dua orang.
Salah seorang wisatawan dari Klaten, Liliek mengatakan fenomena matahari terbit terlihat cukup indah dari Bukit Sidengkeng. “Sinar matahari yang berwarna oranye itu telihat terpendar. Hanya saja, mataharinya terhalang kabut sehingga tidak maksimal,” katanya.
Wisatawan lainnya, Ully mengaku kagum terhadap keindahan alam Dataran Tinggi Dieng karena terdapat beberapa tempat untuk menyaksikan matahari terbit dengan keunikan tersendiri. “Saya sudah beberapa kali datang ke Dieng untuk lihat ‘sunrise’ di Sikunir, Museum Kailasa, dan Gunung Prau. Saya baru kali ini lihat ‘sunrise’ dari Bukit Scooter, lumayan indah,” kata dia yang berasal dari Jakarta.
Pergelaran DCF VII digelar di kompleks Candi Arjuna, Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, 5-7 Agustus 2016, dengan acara puncak berupa ruwatan anak berambut gimbal, Minggu (7/8). (ANT/Foto: ANT/Anis Efizudin)

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: