Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi Diantarkan oleh ‘Ki Jaga Raksa’

Ada yang berbeda di Ulang Tahun Kemerdekaan RI, sejarah dan budaya melebur dalam menyambut detik-detik proklamasi tahun ini.
, Majalah Kartini | 17/08/2016 - 15:00

MajalahKartini.co.id – Ada yang baru pada rangkaian perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, yaitu adanya ‘Kereta Kencana Ki Jaga Raksa’.

Kereta ini dipilih oleh Presiden Joko Widodo untuk dijadikan kereta yang akan membawa bendera pusaka dan teks proklamasi pada upacara peringatan detik-detik proklamasi.

Iringan parade ini berjalan dari Monumen Nasional ke Istana Negara pada Rabu, 17 Agustus 2016, diiringi dengan marching band, pengawalan pasukan berkuda, dan masyarakat berbaju adat. Parade ini membuat siapapun yang hadir merasa tertarik, karena pada upacara kemerdekaan sebelumnya, bendera pusaka hanya diletakkan di depan presiden selama upacara berlangsung.

Kendaraan yang dipercaya milik Sri Baduga Maharaja atau yang dikenal dengan Prabu Siliwangi ini memiliki arti. Ki berarti benda, Jaga berarti melindungi, dan Raksa berarti hati. Secara harfiah memiliki arti hatilah yang menjaga kehidupan manusia.

Benda bersejarah ini biasanya disimpan di bagian depan selasar Balai Nagri atau kantor dinas Bupati Purwakarta. Bagi Pemerintah Kabupaten Purwakarta, dipilihnya Ki Jaga Raksa merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan, karena kereta ini merupakan salah satu ikon daerah tersebut.

Di dalam kereta kencana ada Dita Amelia dan Felicia Gunawan, keduanya adalah bekas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka tahun 2015. Mereka akan menyerahkan bendera pusaka dan teks proklamasi kepada Presiden Joko Widodo.

Parade kereta kencana merupakan bentuk penghormatan bagi kemerdekaan Indonesia. Rangkaian acara ini dinilai telah berhasil memadukan unsur tradisional dan modern tanpa melupakan sejarah. (Foto: Adi Briantika)

Tags: , , , , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: