Benda Ini Buat Iriana Jokowi Terpesona

Kopiah jangang terbuat dari pohon jangang yang hanya ada di belantara Kalimantan.
, Majalah Kartini | 26/04/2017 - 11:04

Benda Ini Buat Iriana Jokowi Terpesona

MajalahKartini.co.id – Ibu Negara Iriana Joko Widodo terpesona dengan kerajinan dari Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Kerajinan tangan itu berupa kopiah jangang yang terbuat dari pohon jangang yang hanya ada di belantara Kalimantan.

Saat memasuki stand pameran kerajinan Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, di Banjarbaru, Selasa, 25 April 2017, Iriana langsung mengambil kopiah jangang. Ia membelinya dengan harga Rp300 ribu.

kopiahKopiah Jangang, merupakan salah satu kerajinan khas Tapin yang dihasilkan pengrajin asal Kecamatan Margasari. Kopiah yang terbuat dari akar pohon jangang tersebut, termasuk kerajinan yang diolah dengan tingkat kerumitan cukup tinggi.

Dalam satu bulan, pengrajin hanya mampu menghasilkan satu kopiah jangang karena dikerjakan dengan cara manual. Tak heran, harganya relatif cukup mahal dibanding kopiah biasa yaitu mencapai Rp300 ribu.

Benda Ini Buat Iriana Jokowi Terpesona 2

Kopiah ini cukup diminati di pasaran. Selain modelnya yang cukup unik, penutup kepala ini juga saat dipakai juga terasa dingin karena kopiah tidak rapat sepenuhnya.

Bahkan Mantan Presiden RI Gus Dur juga cukup sering menggunakan kopiah akar jangang khas Tapin ini dalam berbagai kesempatan.

Ketua TP PKK Tapin Ratna Ellyani Arifin Arpan berharap kopiah yang dibeli oleh Iriana ditujukan untuk suaminya, Jokowi. “Semoga kerajinan Tapin bisa lebih dikenal lagi seantero Indonesia, apalagi bila kopiah tersebut dipakai oleh bapak presiden (Jokowi), tentu sangat membanggakan,” harapnya, seperti yang dilansir dari Antara. (Ecka Pramitha/Foto: istimewa)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: