Benarkah Media Sosial Dapat Memberikan Kebahagiaan?

Digitalisasi berpengaruh pada pergeseran cara individu berhubungan dengan orang lain.
, Majalah Kartini | 02/06/2017 - 21:03

Benarkah Media Sosial Dapat Memberikan Kebahagiaan

MajalahKartini.co.id – Psikolog Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPED mengatakan bahwa peran media sosial sebagai platform komunikasi masa kini sangat krusial. Menurutnya, manusia tidak bisa dilepaskan dari kebutuhan bersosialisasi dengan sesama.

“Lebih jauh, sederhana kok, mereka melakukannya untuk bahagia. Tak bisa dipungkiri perkembangan teknologi dan digitalisasi berpengaruh pada pergeseran cara individu berhubungan dengan orang lain yakni beralih ke media sosial,” ujar Rosdiana dalam kampanye “Yogrt Pesta’in Sekampung” di Jakarta, Rabu (31/5).

Hal ini, kata dia bukan masalah, asalkan platform tersebut bisa mewadahi kebutuhan mereka dalam bersosialiasi untuk kemudian mendapatkan kebahagiaan. Lebih lanjut Rosdiana menambahkan, adanya konsep psikologi The Three A’s of Happiness yang menjelaskan tiga kebutuhan dasar untuk mencapai kebahagiaan, yaitu pertama Acceptance (penerimaan), kedua Affection (kasih sayang), dan ketiga adalah Achievement (pencapaian).

Kebutuhan penerimaan menjawab eksistensi hidup seseorang di dunia atau skala lebih kecilnya, dalam sebuah kelompok. Sementara, kebutuhan kasih sayang menjawab perasaan untuk dihargai. Terakhir, kebutuhan pencapaian menjawab keinginan untuk berkontribusi atau bermanfaat bagi orang lain. “Media sosial berupaya menawarkan semua itu. Meski demikian, perlu diingat, khususnya bagi masyarakat Indonesia, media sosial juga harus mengakomodasi keterikatan mereka yang sangat kuat dengan tradisi,” lanjut Rosdiana. (Foto: Andim)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: