Begini Kata Widyawati Perihal Peringatan Hari Pahlawan

Bagaimana imbauan Widyawati pada generas muda tentang pentingnya merefleksikan Hari Pahlawan.
, Majalah Kartini | 10/11/2016 - 07:00

MajalahKartini.co.id – Tanggal 10 November merupakan hari bersejarah bangsa ini, memiliki peran dan arti yang luar biasa pentingnya. Karena, pada tanggal tersebut, terjadi pertempuran hebat melawan bangsa asing yang ingin merebut NKRI setelah proklamasi kemerdekaan.

Hal ini menjadi simbol perlawanan rakyat Indonesia terhadap kolonialisme yang ingin kembali menjajah Indonesia. Memaknai kemerdekaan adalah juga memaknai peran serta para pahlawan bangsa yang rela berkorban merebut kemerdekaan.

Menurut Artis senior Widyawati, sudah saatnya menghargai para pahlawan yang memperjuangkan jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan. Untuk istri almarhum aktor dan politikus Sophan Sopiaan ini, cara menghargai para pahlawan itu tidak melulu dengan memperingati hari pahlawan yang tanggal 10 November saja, tapi juga menanamkan dan mewujudkan kecintaan kita terhadap tanah air di dalam jiwa.

“Sudah Selayaknya kita itu mencontoh jiwa yang dimiliki para pahlawan kita, dan menjadikan mereka sebagai suri tauladan dalam kehidupan kita,” tegas Widyawati. Sayangnya, tiap tahun peringatan itu terasa hanya seremoni belaka tanpa menghayati nilai perjuangan yang diwariskan para pahlawan. Sebagai generasi penerus, sudah seharusnya kita turut mengisi kemerdekaan ini dengan apa yang kita kuasai demi mewujudkan Indonesia yang lebih baik lagi. (Febry Kistianingsih/Foto: Istimewa)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: