Beda Generasi, Beda Cara Kelola Kekayaan

PermataBank membagikan edukasi finansial baik secara materi maupun non-materi di 3 kelompok usia krusial pada jutaan keluarga Indonesia.
, Majalah Kartini | 03/08/2017 - 16:02

Beda Generasi Beda Cara Kelola Kekayaan

MajalahKartini.co.id – Menurut hasil riset, 80% dari orang Indonesia belum sadar finansial, dan keuangan adalah hal paling tabu no. 2 untuk dibicarakan, maka memberikan edukasi yang menyeluruh merupakan misi PermataBank kepada jutaan keluarga Indonesia, dimana PermataBank ingin menanamkan melek finansial sejak dini. Tentunya hal ini perlu adanya dukungan dari berbagai pihak, sehingga misi baik ini dapat terealisasikan.

Dimulai dari kebiasaan baik #BicaraUang kepada lingkungan keluarga, yang merupakan bentuk keterbukaan dan pembelajaran di lingkungan terdekat. Hal ini diharapkan dapat menciptakan sebuah interaksi yang positif dilingkungan keluarga dan para orang tua dapat dengan aktif mengajarkan anak-anaknya untuk dapat menghargai setiap nilai uang yang mereka miliki.

Dari lahir hingga tutup usia, manusia menghadapi beberapa musim kehidupan. Setiap musim kehidupan memiliki tantangan maupun prioritasnya masing-masing, termasuk soal keuangan dan kebahagiaan. Dr. Thomas Armstrong membagi populasi masyarakat menjadi 3 kelompok dilihat dari kebutuhan finansial mereka serta perpektif mereka tentang makna kekayaan. Kelompok tersebut adalah: Milleninal, Dreamer dan Legacy.

Kelompok Millennial baru memasuki dunia kerja dimana sumber pemasukan mereka masih terbatas. Untuk kelompok ini kekayaan dilambangkan oleh jumlah uang dalam tabungan, jumlah followers ataupun like di social media serta lifestyle kekinian mereka. Kelompok Dreamer merupakan kelompok yang sudah berkeluarga dan memiliki bermacam-macam tujuan hidup serta tujuan finansial.

Mampu mencukupi kebutuhan keluarga, memiliki memori berkesan bersama keluarga serta terus meningkatkan standar kehidupan mereka merupakan makna kekayaan bagi para Dreamers. Sedangkan kelompok Legacy sudah mapan finansial sehingga makna kekayaan adalah bagaimana mereka bisa mewariskan hal tersebut ke generasi selanjutnya.

”Kami ingin memberikan edukasi menyeluruh dalam Wealth Wisdom – 3 Seasons of Wealth tahun ini. Dengan memahami makna dari setiap nilai uang yang dimiliki sejak dini diharapkan menghasilkan generasi yang dapat memiliki kehidupan yang lebih baik sampai pada masa legacy, dimana mereka harus menurunkan nilai-nilai tersebut kepada generasi penerus mereka.” ujar Direktur Retail Banking PermataBank, Bianto Surodjo saay konferensi pers Wealth Wisdom di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (2/8). (Foto: Piar)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: