Beberapa Gempa Mengguncang Tiga Daerah di Indonesia Tadi Malam

Mulai dari gempa di Halmahera Barat, gempa Tasikmalaya, hingga gempa di Cilacap.
, Majalah Kartini | 08/01/2019 - 06:00

MajalahKartini – Senin malam (7/1) tercatat telah terjadi beberapa gempa yang mengguncang beberapa daerah di Indonesia. Informasi tersebut disiarkan melalui akun resmi BMKG.

Gempa bermagnitudo 5,4 mengguncang Halmahera Barat, Maluku Utara. Gempa dilaporkan tak berpotensi menimbulkan tsunami. Menurut catatan resmi BMKG, gempa terjadi pada Senin (7/1) pukul 21.11 WIB. Pusat gempa berada di 153 km arah barat laut dari Halmahera Barat dengan kedalaman 10 km. Koordinat gempa 2,52 Lintang Utara dan 126,84 Bujur Timur.

Selanjutnya, BMKG menyebut gempa terjadi pada Senin (7/1) pukul 22.04 WIB. Pusat gempa berada 62 km arah barat daya dari Kabupaten Tasikmalaya, berkedalaman 21 km. Dikabarkan, gempa di Tasikmalaya ini terasa kuat guncangannya hingga ke kawasan perkotaan Garut. “Getarannya terasa kencang. Tadi kirain saya, teman yang goyang kursi, ternyata gempa,” ujar Feri (19), salah seorang warga Garut dilansir dari detikcom.

Sebagian warga di Kabupaten Ciamis pun turut merasakan getaran gempa yang berpusat di Tasikmalaya tersebut. Di beberapa lokasi, warga Ciamis berhamburan keluar dari rumah saat bumi bergoyang sekitar 2-3 detik.

“Pas kerasa ada getaran gempa, seluruh orang yang ada di rumah langsung lari keluar dari rumah, ke jalan. Kebetulan baru mau siap-siap tidur, keburu ada gempa,” ujar Ratna Suminar, warga Sikuraja, Kelurahan Linggasari, Kecamatan Ciamis.

Kemudian, gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,5 mengguncang kawasan Cilacap, Jawa Tengah. Getaran gempa terasa hingga Pangandaran, Jawa Barat. Dilaporkan melalui situs resmi BMKG, gempa terjadi pada Senin (7/1) pukul 23.58 WIB. Pusat gempa berada di lau 69 kilometer Tenggara Cilacap. Titik koordinat gempa berada di 8,32 lintang selatan dan 109,09 bujur timur. Kedalaman gempa 11 kilometer dirasakan di Pangandaran dengan skala II MMI.

Getaran yang terasa di Pangandaran dirasakan dengan skala II MMI (Modified Mercalli Intensity), yang artinya dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. (*)

 

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: