Batik Indonesia Jadi Tren Busana di London

Dua brand lokal batik Indonesia (Elemwe dan NengMas) turut mengisi exhibition di London Muslim Lifestyle Show 2017.
, Majalah Kartini | 17/04/2017 - 10:02

Batik-Indonesia-Jadi-Tren-Busana-di-London

MajalahKartini.co.id – Batik adalah wastra Indonesia yang menyimpan sejuta cerita budaya dari setiap motif yang terukir diatas lembaran kain. Tak pelak, batik kerap dikaitkan sebagai identitas bangsa Indonesia dan diakui UNESCO sebagai warisan dunia yang berasal dari Indonesia. Di berbagai negara, batik tak hanya diminati, namun juga dicintai. Di kota London, batik rupanya sudah menjadi tren yang banyak dicari warga London untuk digunakan sebagai busana.

Kehadiran Elemwe dan NengMas, dua brand lokal yang turut mengisi exhibition di London Muslim Lifestyle Show 2017 turut mengangkat eksistensi batik di London. Tidak hanya turut serta dalam ajang LMLS 2017, tepat tanggal 14 April 2017, bertempat di Picadily, restaurant Nusa Dua, London, Elemwe dan NengMas mengisi diskusi santai mengenai perempuan dan bisnis, dimana dua brand ini mengundang para perempuan yang tertarik menggeluti bisnis batik asal Indonesia.

Peserta yang hadir dalam obrolan santai ini adalah warga Indonesia yang tinggal di London. “Mereka yang hadir adalah mahasiswi dan perempuan pekerja, acara dibuat santai sambil menikmati hidangan khas indonesia,” ujar Lily Mariasari pemilik brand Elemwe.

Lily menceritakan bagaimana memadu padankan batik betawi dalam karyanya, sekaligus menjelaskan bagaimana membina pengrajin batik Betawi yang ada di Jakarta. Sedangkan NengMas antusias menceritakan ketertarikannya mengangkat tema permainan anak tradisional dalam balutan desain busana anak. “Saya angkat tema permainan anak dalam balutan motif batik untuk menjaga kelestarian permainan tradisional anak yang sekarang sudah sangat jarang dimainkan,” jelas Hanjani pemilik brand NengMas.

Mereka yang hadir nampak antusias dan mengaku tertarik menggeluti bisnis busana muslimah terutama yang membawa nuansa budaya lokal Indonesia untuk dikembangkan di London. Lily mengaku senang dapat mengenalkan batik Betawi di London, terlebih batik Betawi memiliki ciri khas yang sangat unik dengan warna-warna yang cerah. Dan Hanjani berharap batik bertema permainan anak ini bisa menjadi media pengenalan permainan tradisional yang efektif dan bisa terus dijaga kelestariannya. (Foto: Istimewa)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: