Bapak Vaksin Campak Dunia Donald Henderson Tutup Usia

Program pemberantasan cacar air oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 1966-1977 tak bisa berbuat banyak tanpa campur tangan sosok Donald A. Henderson yang meninggal akibat komplikasi setelah mengalami cedera tulang pinggul pada Jumat (19/8) lalu.
, Majalah Kartini | 23/08/2016 - 11:00
Donald Henderson
MajalahKartini.co.id – Henderson yang dikenal sebagai ‘Bapak Vaksin Campak Dunia’ itu merupakan sosok yang memimpin upaya vaksinasi untuk memberantas cacar oleh WHO pada 1977 dan kemudian menjadi pakar bio-tetorisme Amerika Serikat. Upaya penanganan dipusatkan dengan memberikan vaksin kepada orang-orang yang tertular dan mereka yang berhubungan dengan pasien.
“Peninggalannya yang penting dalam pemberantasan cacar adalah banyak orang yang bisa terlindungi melalui pemberian vaksin dengan sangat cepat, tidak mahal dan dengan program yang bisa direncanakan serta dapat dipantau,” katanya dalam wawancara yang disiarkan WHO beberapa tahun yang lalu.
Cacar merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan dapat menular dengan cepat dan 30 persen bisa mematikan korban serta meninggalkan bekas luka parut selama-lamanya. Pada tahun 1972, Henderson pergi ke Belgrade di bekas negara Yugoslavia untuk membantu menangani wabah cacar yang berjangkit di Eropa, kata WHO.
Setelah berkampanye memberantas penyakit itu, Henderson menjadi dekan di sekolah kesehatan Bloomberg, Universitas John Hopkins sejak 1977 hingga 1990 dan membantu pencapaian di lembaga pendidikan itu sebagai yang terdepan dalam menangani HIV/AIDS, tutur dekan yang sekarang, Michael Klag.
“D.A mempunyai kekuatan alam, hingga baru-baru ini ia terlihat tidak berdaya. Kesehatan masyarakat telah kehilangan seorang pahlawan,” tulis Klag dan menambahkan bahwa cacar adalah satu-satunya penyakit pada manusia yang bisa dibasmi. (Foto: Istimewa)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: