Banyuwangi Festival (B-Fest) Siap Manjakan Wisatawan di Oktober Ini!

Mulai dari Gandrung Sewu, Festival Kopi, hingga Festival Santri akan ramaikan B-Fest 2018.
, Majalah Kartini | 06/10/2018 - 15:00

MajalahKartini.co.id – Sebagai salah satu daerah yang tengah menggalakkan sektor wisatanya, Banyuwangi terus bergeliat dan menyajikan aneka pilihan wisata menarik untuk para wisatawan yang berkunjung. Seperti pada bulan Oktober ini, di mana Banyuwangi menyelenggarakan Banyuwangi Festival 2018 (B-Fest). Rangkaian B-Fest dimulai sejak 6 Oktober 2018 dengan agenda Festival Kuntulan Caruk. Kuntulan atau hadrah kuntul merupakan kesenian asli Banyuwangi dengan jenis peralatan yang khas bernama terbang. Pada tanggal 6-7 Oktober 2018, juga digelar Festival Perahu Hias yang menampilkan miniatur raksasa berbagai jenis kapal, mulai kapal perang, kapal pesiar yang panjangnya mencapai 20-30 meter. Kapal-kapal ini akan melintas di sepanjang Sungai Pekalen Sampean, Desa Kebondalem Kecamatan Bangorejo sejauh 1,7 kilometer pada malam hari. Luar biasa cantik!

Sedangkan Festival Kopi digelar pada 16-17 Oktober 2018. Wisatawan yang ingin mendapatkan edukasi tentang pemrosesan kopi yang tepat bisa langsung bergabung dalam Coffee Processing Festival yang digelar selama dua hari, Selasa-Rabu tersebut. Pada pekan ketiga Oktober, Gandrung Sewu akan digelar. Tari kolosal ini kembali akan dihelat di Pantai Marina Boom Banyuwangi. Atraksi seni yang masuk kalender pariwisata nasional Kementerian Pariwisata RI, akan mengambil tema Layar Kumendung yang mengisahkan bupati pertama di Banyuwangi yang heroik melawan kolonial Belanda. Dikabarkan akan ada 1.200 Gandrung dari seluruh penjuru Banyuwangi yang akan menampilkan kisah tersebut dengan latar lanskap Pulau Bali.

Selanjutnya, berbarengan dengan Hari Santri Nasional pada pada 22 Oktober, maka Banyuwangi akan menggelar Festival Santri guna memeriahkan Hari Santri Nasional 2018. Sedangkan, tanggal 29 – 31 Oktober 2018, akan ada Students of Tourism Olympiad yang diikuti ribuan peserta dari kalangan pelajar SD-SMA, serta mahasiswa. Harapan dari Pemerintah Kota Banyuwangi atas hadirnya rangkaian festival selama bulan Oktober ini adalah guna memperkenalkan wisata Banyuwangi lebih luas lagi ke dunia luar. (*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: