Banten Diguncang Gempa, Jakarta Rasakan Getarannya

Gempa bumi yang terjadi semalam, getarannya terasa di bebera termasuk di Jakarta.
, Majalah Kartini | 29/07/2019 - 14:34

MajalahKartini.co.id – Minggu (28/7/2019) pukul 21.25.01 WIB Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Banten, Jakarta, dan Jawa Barat. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki kekuatan Magnitudo 4,9. Meski tak berpotensi tsunami, getaran gempa terasa hingga ke sejumlah wilayah, salah satunya Jakarta.

Jakarta

sumber: istimewa

Pusat gempa bumi berada pada koordinat 7,39 LS dan 105,98 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 76 km arah barat daya Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, pada kedalaman 44 km.

Tidak hanya terasa di Jakarta, getaran juga terasa di kawasan Pelabuhan Ratu, Cisolok, Malingping dan Sukabumi Selatan dalam skala intensitas III MMI. Kemudian untuk skala intensitas II-III MMI terasa di Depok, Tangerang, Serang, Rangkasbitung , Sawarna, Panggarangan, Menes, Carita dan Munjul. Sementara Lembang, Jakarta dan Karawang dalam skala intensitas II MMI.

Dikutip dari cnbcIndonesia, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa tersebut. “Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami,” jelas Rahmat.

Tidak hanya itu Rahmat juga menjelaskan agra masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh dengn berita bohong yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Ia mengimbau agar masyrakat dapat memeriksa dan bangunan disekitar cukup tahan dengan getaran gempa.

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: